Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 17 Oktober 2012

Tips belajar bahasa inggris bagian 1

Gimana cara ngatasi anak yang susah ngomong agar sukses belajar bahasa inggris?



Beberapa anak, kemampuan bahasanya lebih rendah dibanding anak yg lain. Ada yg ketika usia 2 th udah cerewet, kosakatanya banyak, tapi ada pula yang sangat sulit mengucapkan kata apalagi menyusun kalimat. Bagaimana mengatasi anak yang kemampuan / kecerdasan bahasanya rendah?



Langkah 1


Bukalah box 1 lalu pilihlah kata2 yg gampang dulu (bernilai 1 koin), seperti bag, bed, door, dll.



Lalu tunjukkan kartu bergambar pada anak dan katakan, "a bag" (sambil nunjukkin gambar tas), "a bed" (sambil nunjukkin gambar tempat tidur), dan a window (sambil nunjukkin ke anak kartu bergambar jendela ).



Lalu tanyakan ke anak, "what is it?" Sambil nunjukkin gambar tas lalu beritahu jawabannya denan "a bag".



Lalu tanya lagi dengan kartu berikutnya dengan what is it? Dan beritahu jawabnya dengan a bed, lalu tanyakan lagi what is it? Sambil nunjukkin gambar jendela lalu jawab sendiri dengan a window.






Lalu bertanyalah ke anak dengan pertanyaan what is it? Untuk ketiga kosakata tadi. Jika anak mampu menjawab pertanyaan Anda berilah koin sesuai dengan yang tertera pada kartu.


Kesaksian Diena Ulfaty (Penemu Abaca Flash Card):

Anak saya (zakiyah) termasuk anak yang lemah dari sisi bahasanya, tapi kemampuan analisisnya (semua yang berkaitan dengan otak kiri, sangat bagus). Bahkan di usianya yang udah 5 tahun pada bulan Juli, dia masih susah mengucapkan "r".



Tapi saya tidak menyerah. Saya gunakan cara di atas, hanya dalam waktu kurang dara 10 menit dia bisa hafal 16 kata benda baru.



Nah untuk selanjutnya, tambah lagi 5 kartu lagi yang koinnya bernilai 1, lalu tanyalah anak dengan what is it? Dan bantulah menjawabnya hingga 5 kartu tersebut habis. Jika dalam tahap pengulangan anak mampu menjawab semua maka berilah dia koin pelangi sesuai yang tertera pada kartu.



Aturan main yang ada dalam kemasan abaca saat ini, diperuntukkan untuk anak yang tidak memiliki kendala bahasa (usia 2 tahun udah lancar ngomongnya sehingga 4 tahun sudah sangat cerewet dan fasih). Tapi untuk anak dengan problem seperti Zakiyah, bisa menggunakan cara sepert iyang saya utarakan tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar