Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Jumat, 20 November 2015

Menyelamatkan Adenium dari Busuk Batang

Black Ruby kesayangan
Beberapa waktu lalu, tanaman Adenium saya mengalami busuk batang. Lumayan merisaukan juga. Karena Adenium itu sudah cukup besar. Jadi rasanya eman sekali kalau sampai tidak selamat. Dia adalah Adenium Black Ruby, Adenium pertama saya yang aku beli dalam posisi baru disambung sama nurserinya. Lumayan mahal juga waktu itu. Kebetulan di temapt kami Adenium belum begitu booming.

Bunga Pertama yang mekar dari Black Ruby

Hari demi hari merawat si adenium Black Ruby ini. Sampai sampai sudah waktunya membuka tali sambungan tapi tidak kami lakukan karena takut akan mati. Dan akibatnya batang si Black Ruby ini seperti tercekik. Lama si Black Ruby ini menghiasi teras rumah kami dengan bunganya yang merah merekah bertepi hitam. Sampai si Black Ruby ini tumbuh besar.



Busuk batang yang meresahkan
Dan beberapa waktu lalu, batang si Black Ruby ini tiba-tiba melunak. Tak berapa lama batang yang melunak ini pun mulai membusuk. Daun-daunnya mulai menguning dan rontok satu persatu. Saya tidak tahu penyebabnya. Terlalu banyak terkena siraman, infeksi virus, bakteri atau kenapa. Wah, sempat risau juga. Kawatir si black Ruby ini tidak selamat. Akhirnya saya ingat kalau bawang putih itu ampuh untuk mengatasi virus.

Luka mulai mengering
Maka saya ambil beberapa siung bawang putih. Lalu saya tumbuk dan campur dengan air. Larutan bawang putih ini saya siramkan pada batang black ruby yang membusuk. Sebelumnya bagian yang membusuk ini saya ambil supaya tidak menjalar ke mana-mana. Rutin tiap hari selama seminggu aku lakukan perawatan ini. Bukan itu saja. Sekitar akar juga saya siram pakai larutan bawang putih. Dan beberapa siung bawang putih yang telah saya potong menjadi dua, saya tanam di area pot.
Alhamdulillah, batang black ruby yang semula membusuk, lama-lama mulai mengering. Daun-daunnya pun mulai bersemi kembali. Batangnya juga kembali mengeras. Bukan main senang hati saya. Kini semua tanaman adenimuku rutin saya siram dengan larutan bawang putih tiap satu minggu sekali. Alhasil adenium saya tumbuh sehat dengan bunga yang mekar cantik. Terima kasih bawang putih. Kau telah menyelamatkan black rubyku.
Kembali semarak berbunga

2 komentar:

  1. Adenium saya yang baru berusia 11 bulan sdh 2 yang busuk batang. Keduanya yang saya sayangi. Bagaimana menyelanatkannya? Kan masih terlalu muda?

    BalasHapus
  2. Punya ak juga barang nya membusuk akhirnya saya potong2 smpei sekrng blm semi

    BalasHapus