Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 11 Mei 2015

Kunjungan TK Muslimat NU ke Mapolres Demak

Berfoto di depan Mapolres Demak
Pada hari Senin kemarin TK Muslimat NU Demak mengadakan kunjungan ke Mapolres Demak dalam rangka mengenalkan polisi sahabat anak dan lalu lintas pada anak sejak dini. Kunjungan ini diikuti oleh seluruh peserta didik TK Muslimat NU yang berjumlah kurang lebih 130 anak beserta 10 pengajar.
Sambutan Bapak Kaplores Demak
Kunjungan ini sudah lama sekali direncanakan. Bahkan sejak tahun ajaran kemarin. Namun mengalami penundaan. Dan baru kemarin bisa terlaksana. Ini semua karena sulit sekali mencari waktu yang tepat bagi kedua belah pihak. Namun dengan adanya kunjungan ini diharapkan kerja sama antara kepolisian dan pihak TK akan terus berlanjut. Sehingga acara kunjungan bisa dijadwalkan tiap tahun. Mapolres sendiri menyambut baik acara kunjungan seperti ini.

Untuk TK-TK lain bisa pula melaksanakan kunjungan seperti ini, dengan cara mengajukan proposal kunjungan. Untuk TK Muslimat NU sendiri kunjungan dilaksanakan kemarin pada hari Senin tanggal 11 Mei 2015. Anak-anak diantar langsung oleh orang tua mulai pukul 07.30 WIB. Karena acaranya sendiri baru dimulai pukul 08.00 WIB selepas apel rutin bagi kepolisian. Selama menunggu anak-anak kelihatan senang berada di tempat yang baru. Mapolres tentunya bukan tempat yang biasa dikunjungi anak-anak. Namun di sini mereka kelihatan enjoy. Anak-anak bersalaman dengan para polisi yang mereka temui.
Pengenalan Tata Cara Berlalu Lintas yang Baik

Selepas apel anak-anak diterima di ruang pertemuan. Karena ruangannya tidak begitu luas, sebagian anak duduk di lantai. Tidak perlu kawatir, lantainya bersih kok. Sementara menunggu kehadiran Bapak Kapolres, anak-anak diajak interaksi oleh Bapak Triyono, dari Unit Bagian Dikyasa (Pendidikan dan Rekayasa). Bidang ini menangani tentang sosialisasi tugas-tugas kepolisian pada ranah pendidikan seperti TK, SD dan Pondok Pesantren. Termasuk salah satu programnya adalah pengenalan Polisi Sahabat Anak (Polsanak)
Selain bekerja sama dengan praktisi pendidikan, Unit Dikayasa juga melakukan upaya Rekayasa semisal dalam hal mengurai kemacetan, pemasangan banner, dan slogan-slogan kepolisian di jalan. Dalam hal ini Unit Dikyasa mengundang ranah pendidikan untuk turut serta aktif dalam memasyarakatkan slogan-slogan kepolisian seperti slogan Menuju Indonesia Tertib, Bersatu, Keselamatan Nomer 1. Selain untuk mengenalkan tugas-tugas polisi pada anak, diharapkan anak-anak memiliki persepsi yang baik mengenai tugas kepolisian. Bahwa para polisi itu ada bukan untuk ditakuti. Karena tugas mereka adalah menjaga keamanan dan kelancaran.


Pamitan sama Pak Kapolres
Setelah mengenalkan tentang tugas-tugas polisi, anak-anak juga diajarkan untuk berlalu lintas dengan baik, benar dan aman. Di ruang pertemuan ini anak-anak menyaksikan film animasi berlalu lintas dari kepolisian, di selingi dengan tanya jawab yang cukup interaktif bersama anak-anak. Ada kejadian lucu saat tanya jawab mengenai traffic light. Ketika polisi bertanya apa artinya lampu merah, hijau, kuning, anak-anak mampu menjawab dengan baik. Karena memang hal itu sudah diajarkan di sekolah. Namun ada satu anak yang cukup iseng menjawab saat polisi bertanya apa arti lampu kuning. Salah satu anak kami menjawab dengan suara yang cukup keras. Yakni ngebut. Kontan jawaban itu mengundang tawa, dan sekaligus keprihatinan. Karena memang seperti itulah kondisi yang terjadi di lapangan. Kalau lampu kuning itu para pengendara justru tancap gas kenceng-kenceng karena sebentar lagi lampu merah. Cukup ironis sebenarnya.

Usai berinteraksi dengan anak-anak, dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari TK Muslimat yang langsung diterima oleh Kapolres. Setelah itu foto bersama. Kemudian anak-anak diajak berkeliling Mapolres. Puas berkeliling, anak-anak kemudian diantar pulang menaiki mobil Dalmas. Wah, anak-anak senang sekali bisa naik mobilnya Pak Polisi.

Asyiknya naik mobil  polisi rame-rame
Terima kasih Pak Polisi. Kami, anak-anak sayang kepadamu…

4 komentar:

  1. Wah kalo ada kunjungan gini, anak-anak jadi gak takut lagi dengan polisi. Tapi seringnya orng tua juga sih yang suka nakutin anaknya, awas ada pak polisi loh kalo gak doyan makan, hihihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Hidayah. Murid-muridku ini padha ndak takut sama Pak Polisi. Setiap ketemu polisi yang lewat langsung diajak salim. Hahahah, jadi berasa kayak jadi seleb dadakan kali Pak Polisinya senyam senyum sama anak-anak.

      Hapus
  2. Pasti anak-anak antusias sekali, ya... Karena kegiatannya pun seru dan menghibur juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Sarah, dari kepolisian juga antusia menyambut acara ini dan menyarankan untuk diagendakan secara rutin tiap tahun.

      Hapus