Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Minggu, 10 Mei 2015

Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

Ini artikel saya untuk Ummi online. Simak ya.

Ini link-nya : http://www.ummi-online.com/manfaat-buah-kurma-bagi-kesehatan.html

Sebentar lagi bulan puasa akan tiba. Pada saat bulan suci itu banyak dijajakan buah kurma.Karena memang ada anjuran dari Rasulullah untuk berbuka dengan buah kurma. Selain sebagai pengganti energi yang hilang selama berpuasa, buah kurma mengandung nilai gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat apa saja yang bisa kita petik dari sebutir buah kurma? Simak di bawah ini ya.


1.Melancarkan buang air


Kandungan serat dalam buah kurma mampu melancarkan saluran buang air besar serta mencegah konstipasi.


2.Mengurangi reaksi alergi


Buah kurma mampu mengurangi reaksi alergi karena mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian menyebutkan kalau sulfur organik berdampak postif pada sekitar 23 juta orang Amerika yang mengalami alergi musiman.


3.Buah kurma baik untuk saraf dan otak


Kalium yang terkandung dalam buah kurma merupakan bahan untuk membuat sistem saraf lebih responsif dan sehat.


4.Mencegah jantung koroner


Kalium juga bermanfaat dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.


5.Menjaga kesehatan tulang dan gigi


Buah kurma bermanfaat untuk memperkuat tulang, mencegah osteoporosis dini, dan memperkuat gigi. Kandungan mineral, selenium, mangan, magnesium dan tembaga merupakan bahan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.


6.Mengatasi anemia


Anemia merupakan penyakit kekurangan zat besi. Kandungan zat besi dalam sebutir buah kurma mampu mencukupi 11 % AKG dari tubuh kita.


7.Mencegah stroke


Kandungan mineral dalam kurma mampu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Karenanya buah kurma mampu mencegah stroke.


8.Menjaga kesehatan mata


Buah kurma kaya akan vitamin A. Sehingga buah kurma sangat baik untuk dikonsumsi. Karena selain mampu menjaga kesehatan mata, juga berfungsi memelihara kelembaban dan menguatkan penglihatan.


8.Sumber energi


Buah kurma kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Karenanya sangat dianjurkan untuk berbuka dengan buah kurma.


Melihat begitu banyak manfaat yang dikandung oleh buah kurma, alangkah baiknya kalau buah kurma tidak hanya dikonsumsi pada saat bulan puasa saja. Bukan begitu, Sahabat Ummi?


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar