Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 12 Januari 2015

Melepas Anak Outbound Tanpa Pendampingan Orang Tua

Beberapa waktu lalu, anakku yang baru kelas satu SD diajak oleh sekolahnya untuk pergi outbound. Lumayan jauh juga lokasi tujuannya. Dan dalam outbound ini orang tua tidak diperkenankan untuk mendampingi. Mereka akan pergi bersama ustadz dan ustadzahnya saja. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan orang tua menghadapi situasi seperti itu. Mengingat ini adalah untuk pertama kalinya melepas si kecil pergi jauh tanpa pengawasan darinya. Cemas, takut, kuatir dan segala macamnya jadi satu. Terlebih bagi ada anak-anak yang suka mabuk dalam perjalanan. Orang tua pastinya sangat khawatir.

Tetapi demi kemandirian sang anak, orang tua juga mesti mengesampingkan perasaannya sendiri. Mau tak mau harus tega melepas mereka pergi sendirian. Tentu saja dengan serentetan nasehat menjaga diri yang entah oleh anak didengarkan atau tidak. Karena yang terpancar dari wajah-wajah mereka hanyalah rasa bahagia hendak pergi bersama teman-teman sekelasnya.


Sebagai orang tua kita tentunya menginginkan anak-anak bisa mandiri sejak dini. Dan tentu saja bisa menjaga dirinya dengan baik, selama tidak berada dalam pengawasan kita.

Di bawah ini beberapa hal yang saya lakukan sebelum melepas mereka pergi outbound tanpa pengawasan kita.

1. Latih anak untuk bisa mengurus dirinya sendiri dan juga barang-barangnya.

2. Persiapkan keperluannya sebaik mungkin. Mulai dari pakaian ganti, handuk, peralatan mandi, jas hujan (karena sekarang sedang musim hujan), sandal, snack, minuman, dan obat-obatan yang diperlukan. Terutama minyak angin.

3. Pisahkan barang bawaan anak dalam wadah tersendiri yang mudah diambil.

4. Beritahukan langkah yang harus dilakukan bila anak selesai kegiatan. Bagaimana dia harus menyimpan barang-barangnya.

5. Beri nama untuk setiap barang yang dibawanya untuk menghindari tertukarnya barang dengan milik teman lainnya. Serta untuk memudahkan pendamping saat barang anak tertinggal.

6. Hubungi pendamping serta minta nomor kontaknya. Jangan lupa untuk aktif menghubungi para pendamping untuk menanyakan keadaan anak.

7. Pastikan anak dalam keadaan sehat saat pergi outbound.

8. Minum obat anti mabuk bagi anak yang sering mabuk dalam perjalanan.

Berkat persiapan yang matang, anak pun bisa menikmati outbound dengan gembira. Kendati tanpa pendampingan orang tua.

4 komentar:

  1. wah bener juga ya bu, postingannya bermanfaat ni buat saya bu ^_^, lama tidak berkunjung kesini, salam sehat selalu ya bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Putri. Lama juga saya tidak update tulisan. hihihi. :)

      Hapus
  2. Dalam hal melatih kemandirin anak, sejatinya orangtua lah yang harus belajar percaya pada anak *gampang gampang susah inih* :)
    Salam kenal mbak... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu Bunda Indah. Kita saja yang terlalu kawatir dan beranggapan anak gak bisa apa-apa tanpa ortu, yach...

      Terima kasih telah mampir, dan salam kenal, :)

      Hapus