Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 06 November 2013

BEBAS BELAJAR DAN BERKREASI DENGAN NOTEBOOK TIPIS

Kemajuan teknologi sudah merambah di segala bidang. Tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Keberadaan perangkat notebook mutlak diperlukan untuk menunjang pembelajaran. Tak terkecuali juga di Taman Kanak-Kanak. Sekali waktu kalau anak-anak jenuh kan bisa diajakin main game atau belajar dengan multimedia. Wah, mereka senang sekali kalau diajak belajar dengan multimedia ini. Apalagi kalau media pembelajarannya gurunya yang bikin, jadi tambah semangat ngajarinnya.

Inovasi pembelajaran di kelas dengan Multimedia
Kendati tidak terlalu signifikan, namun keberadaan notebook di sekolah sangat menunjang pekerjaanku sehari-hari. Membuat administrasi pembelajaran sekarang aku kudu pakai notebook. Rempong kalau harus nulis Rencana Kegiatan Harian pakai tangan melulu. Tiap tahun nulis kaya gitu terus rasanya jadi bosen.

Maka keberadaan notebook juga mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita mau bikin Rencana pembelajaran tinggal ketik, simpan dan print. Kita punya file. Kalau sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal di buka lagi. Ada pengembangan atau inovasi pembelajaran tinggal edit saja. Nggak perlu repot.

Namun memang keberadaan notebook di kalangan guru TK itu belum membumi istilahnya. Karena apa, ya? Merasa ribet karena nggak menguasai IT sebagaimana alasan teman-teman? Atau karena ada rasa enggan dan malas untuk belajar? Wah, aku pikir itu karena belum tahu manfaat dari si notebook itu sendiri kali ya. Atau dipikir pembelajaran di TK nggak perlu repot pakai notebook. Tapi setidaknya kita bisa memanfaatkannya untuk mengurangi beban kita dalam menggarap administrasi.


Jadi walau pun belum ada ijin nulis Rencana Pembelajaran dengan notebook, bagiku tak masalah. Ntar kalau dikomplain sama atasan ya tinggal nerangin sisi praktisnya saja. Lanjut terus.


Menunggu giliran presentasi Lomba Multi Media
Selain membantu meringankan beban administrasi, notebook juga membantuku banyak dalam hal berkreasi. Kalau ada waktu senggangn saya suka kutak-katik membuat media pembelajaran dengan notebook. Yah, walau baru menguasai PowerPoint, cukuplah untuk anak TK. Hihihi, masih belum tergerak untuk mempelajari Flash nih. Alhasil aku pernah juga ngirim hasil otak-atikku ke Lomba Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Gak menang, Cuma dipanggil masuk final. Lumayanlah, jadi ketemu sesama teman yang punya interest yang sama.

Lomba Multi Media di LPMP Jawa Tengah
Nah, karena dulu kutak-katiknya pakai notebook jadul, sekarang pingin juga nih punya yang baru. Yang lebih canggih, lebih murah, dan so pasti lebih tipis biar gak keberaten kalau mondar-mandir bawa si notebook ini. Kayaknya Acer Slim Aspire E1 patut juga jadi lirikan nih.

Hasil googlingan untuk Acer Slim Aspire E1 nih. Lihat keunggulannya:

Acer Slim Aspire E1 didukung performa Intel® Processor di dalamnya serta dipersenjatai dengan AMD quad-core processor A6-5200 (25 W) untuk menjalankan berbagai aplikasi sekaligus serta dual-core E1-2500 (15 W) yang hemat daya sehingga bisa digunakan di luar ruangan dengan lebih lama. Wah, jadi teringat sala si notebook sekarang yang sudah lowbat. Kalau nggak ditancepin ke steker , lima belas menit juga sudah kolaps. Akibat sering di-on-kan seharian kali, ya. Terus belum lagi gabungan dengan graphics AMD RadeonTM HD 8000 series berkapasitas 512MB memberikan pengalaman multimedia yang menyenangkan.

Asyik buat kerja
Adapun fasilitas multimedia lengkap yang dimiliki Acer Slim Aspire E1 yaitu:

1. DVD- Super Multi double-layer drive, sehingga mampu membaca beragam media dari CD atau DVD serta tersedia M-DISC READYTM Drive untuk menyimpan data secara permanent dan dapat bertahan sampai dengan 1000 tahun.

2. USB 3.0 sehingga transfering data 10X lebih cepat dibandingkan USB 2.0. waktu jadi kian hemat saat hendak berbagi file/data, musik, video resolusi tinggi (HD) dan juga hemat daya listrik lagi.

3. Chicklet and Fine Tip Keyboard. Jarak antara tombol yang satu dengan yang lain didesain untuk memberikan kenyamanan bagi pemakai sehingga saat mengetik kita gak perlu takut salah pencet tombol yang berdekatan.

4. Selain itu nih Slim Aspire E1 ini telah dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia® GeForce® GT720M dengan kapasitas sebesar 2GB. Dengan grafis seperti ini, kita bisa menikmati game ataupun video HD dengan tampilan grafis lebih tajam dan tanpa gangguan (lag). Selain itu detail gambar juga lebih jernih.

Asyik buat main game
Jadi keingetan suami sama anak-anak yang suka sekali main game. Kadang si sulung suntuk kok loadingnya lama. Wah, jadi semakin kepingin memiliki Slim Aspire E1 ini. Dengan Slim Aspire E1 kerjaan semakin ringan, main game juga semakin asyik, dan kita bisa tampil keren dengan notebook slim yang paling tipis di kelasnya, pastinya.


“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.

11 komentar:

  1. nanti dengan acer aspirenya, presentasi pasti jadi lebih gampang ya mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah Mak Nengbiker. Terima kasih telah mampir ya, :)

      Hapus
  2. cocok banget dah si acer ntu buat urusan beginian ya mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, wah jadi semakin mupeng, dong. Trim dah mampir ya Mak Damae. :)

      Hapus
  3. Sukses ya mak, salam buat muridnya yang mungil2 tuuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mak Enny. :) Sukses juga untuk Mak Enny, ya.

      Hapus
  4. cocok banget untuk segala macem ya mak ini Acer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak. Kayaknya asyik kalau bisa memiliki si Acer ini. :) Salam kenal ya Mak, terima kasih telah berkunjung, :)

      Hapus
  5. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya Mak Lusi, eh Mak Juri, :)

      Hapus
  6. bagusnya mbak...saya ikuti Blognya ya...trimaksih :)

    BalasHapus