Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Senin, 23 April 2012

KOLAM TERATAI YANG INDAH



Tiap kali bepergian ke daerah Kudus saat sampai di pasar Karanganyar, ada kolam teratai yang luar biasa indah. Kolam itu hanyalah sebuah kolam biasa. Akan tetapi teratai yang tumbuh di dalamnya begitu mempesona. Merah menyala saat mekar. Sungguh luar biasa indah.

Aku tidak bisa melewatkan pemandangan itu tiap kali lewat di sana. Sampai kepikiran mau berhenti dan mengambilnya untuk ditaruh di kolam ikan depan rumah saking senengnya. Akan tetapi suami keberatan, jadinya ya dinikmati saja.

Sayang juga pas lewat di sana nggak sempat ambil fotonya. Selama ini hanya sering ketemu teratai berwarna putih di sepanjang sungai kalau ke tempat mertua. Akan tetapi yang satu ini warnanya merah mempesona. Merah darah.

Teratai (Nymphaea sp.) disebut juga bunga lotus, padma, seroja atau pun water lily benar-benar tanaman air yang mempesona. Hal ini dikarenakan sosoknya yang anggun, indah, alami , dan eksotis sekaligus menyejukkan pandangan.



Selain indah, teratai menyesuaikan diri terhadap tempat hidupnya dengan cara yang unik. Teratai hidup di daerah penuh air dan dapat mengapung di permukaan air. Biasa ditemukan dipermukaan air yang tenang seperti kolam dan danau. Daun teratai tipis dan lebar, berbentuk bundar atau oval. Bentuk daun ini sangat membantu mempercepat proses penguapan. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh kepermukaan daun tidak membentuk butiran air. Yang menakjubkan, kendati teratai hidup di tempat perairan yang kotor, tetapi bunganya tetap indah.

Bunga teratai memiliki bermacam warna. Mulai dari putih bersih, merah jambu, ungu, sampai merah darah seperti yang tumbuh di kolam dekat pasar Karanganyar Demak.

Selain itu ada jenis teratai yang daunnya sangat lebar. Kalo teratai biasa hanya berkisar sekitar lebar telapak tangan orang dewasa hingga 30 cm, maka daun teratai raksasa ini tampil menawan dengan ukuran yang cukup besar. Teratai raksasa ini berasal dari Amazon dengan nama latin Victoria amazonica. Diameter daun teratai raksasa ini dapat mencapai 1,5 meter. Bunga teratai raksasa ini bisa dilihat di di Kebun Raya Bogor. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Amazon bila ingin melihatnya.

Ada banyak falsafah tentang kehidupan bunga yang dianggap suci oleh rakyat negeri timur ini. Yakni kendati hidup di tempat yang kotor bunga teratai tetap bersih, daunnya yang mengambang di air tidak akan kotor oleh air kotor di sekitarnya. Kuncup bunganya yang mengarah ke atas melambangkan kekuatan yang membubung ke atas.

Jadi kalau kebetulan berkendara menuju daerah Kudus dan melewati pasar Karanganyar jangan lupa menengok ke arah utara. Di sana ada kolam dengan banyak tumbuhan teratai merah dengan bunganya yang sangat menawan.



Foto diambil dari sini

2 komentar:

  1. terima kasih infonya :)
    saya juga sangat menyukai teratai

    BalasHapus
  2. Sama-sama Mbak Ayu Rahmah Hidayah, Salam kenal, :)

    BalasHapus