Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 10 Februari 2010

ADA APA DENGAN ORANG-ORANG?

Siang hari sepulang mengajar seperti biasa, aku pulang naik bis. Biasanya siang hari begini bis kosong. Jadi biasanya bisa duduk dengan santai. Tapi siang ini entah kenapa bis penuh. Dalam artian tempat duduk telah terisi semua. Ya dah aku berdiri. Sudah terbiasa berdiri lagi.

Setelah berjalan beberapa kilo, serombongan nenek-nenek naik. Betul-betul nenek-nenek. Apa yang terjadi? Tak satupun dari mereka yang duduk, padahal kebanyakan yang duduk itu bapak-bapak, mau berdiri untuk memberikan tempat duduk pada nenek-nenek itu. Kasihan. Padahal untuk berdiri tegak saja mereka tidak mampu, apalagi dalam keadaan kendaraan melaju kencang. Beberapa ada yang tidak bisa menahan tubuhnya. Tapi ya Allah, itu bapak-bapak tetap pada tidak bergeming dari tempat duduknya yang nyaman.
Aku pikir, ada apa dengan orang-orang ini? Apa mereka tidak pernah diajari tata krama, belas kasihan pada orang yang tidak mampu? Dalam hal ini tidak mampu berdiri dengan benar karena sudah tua. Entahlah? Aku kemudian berpikir, apa yang telah mereka pelajari di sekolah dulu? Atau apa yang diajarkan oleh orang tuanya sehingga tidak ada rasa empati sama sekali terhadap lingkungan sekitar. Salah siapa semua ini? Salah guru? Dan kejadian seperti ini bukan hanya hari ini aku alami, tapi sudah berkali-kali. Wallahualam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar