Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Jumat, 13 Mei 2016

Wijayakusuma, si Cantik yang Misterius

Bunga Wijayakusuma
Pernah mendengar nama bunga wijayakusuma? Apa yang terbayang dalam benak ketika mendengar nama bunga itu? Tentunya terbayang sebuah bunga indah yang penuh misteri. Kenapa penuh misteri? Mungkin karena bunga ini hanya mekar pada waktu malam hari saja. Dan jarang orang tahu, kapan bunga ini mekar. Kendati sudah ditunggui. Dalam arti kata si wijayakusuma ini suka mekar diam-diam. Dan mekarnya hanya sebentar di waktu malam. Seiring dengan semburat sang surya, maka si cantik wijayakusuma pun mulai layu.
Sesaat Sebelum Mekar
Bunga wijayakusuma termasuk dalam anggota tanaman kaktus. Batangnya merupakan daun yang kemudian mengeras. Memiliki nama latin Epiphyllum oxypetalum. Dan karena hanya mekar di malam hari, wijayakusuma sering disebut sebagai ratu malam. Daun tanaman bunga wijayakusuma berbentuk pipih. Dengan tinggi bisa mencapai tiga meter. Namun ada beberapa jenis dari wijayakusuma ini memiliki tinggi yang cukup mini. Bunga wijayakusuma muncul dari tepi daun yang bergerigi. Berbentuk lonceng yang kian lama kian memanjang. Dalam satu tangkai daun bisa terdapat beberapa tangkai bunga. 
Wanginya Lembut Banget...


Kelopak bunga berbentuk roset atau melingkar. Perkembang biakan bunga wijayakusuma bisa dilakukan dengan biji atau stek daun. Sangat mudah. Cukup potong sehelai daun yang cukup tua. Benamkan di media tanam. Selang tak berapa lama dari tepi daun akan muncul tunas-tunas baru.

Untuk jenis wijayakusuma mini pertumbuhannya lebih subur bila di taruh pada pot gantung. Sehingga bunganya juga lebih banyak. Bunga wijayakusuma termasuk rajin berbunga.
Semarak di Malam Hari
Dalam cerita pewayangan, bunga ini merupakan senjata pusaka dari Kresna. Merupakan bunga ajaib yang bisa menghidupkan orang yang sudah mati. Tapi itu merupakan cerita. Dan fakta mengejutkan karena bunga wijayakusuma ini juga memiliki beragam khasiat. Diantaranya menyembuhkan luka abses, sebagai anti radang, obat batuk dan pendarahan. Khasiat lainnya adalah mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah
Ada juga mitos terkait dengan si cantik wijayakusuma ini. Bahwa barang siapa yang menyaksikan bunga ini mekar, maka ia akan memperoleh kebaikan. Bisa berupa rejeki, kesehatan dan semacamnya. Pokoknya berupa keberkahan.

Si Cantik Misterius

Aku bahkan pernah mendengar cerita, seorang kakek rela terkantuk-kantuk di luar rumah pada malam hari. Hanya demi melihat si cantik wijayakusuma ini mekar. Lha namanya bunga mekar kan pelan banget, slow motion begitu. Masa ditungguin. Emang bisa tahu prosesnya? Kan biasanya ujug-ujug telah mekar begitu saja. Kecuali mungkin mau direkam ya.
Sebelum Layu di Pagi Hari
Oh ya, si cantik wijayakusuma ini bila mekar memiliki aroma wangi yang teramat lembut. Tetapi terkadang juga tidak berbau wangi. Mungkin telat momentnya. Karena pernah juga bunga wijayakusumaku mekar banyak sekali. Dan tidak tercium bau wangi. Namun terkadang juga di suatu ketika bunga mekar, ada wangi yang menguar. Jadi mesti ngepasin momentnya kali ya.

Nah, selamat berburu mekarnya bunga wijayakusuma ya. Kalau aku sih mending tak tinggal tidur saja. Bye…

2 komentar:

  1. Wah baru tau nih, bunga wijaya kusuma :D Ternyata indah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, Mudah lagi penanamannya. Gak ribet. Cuma mekarnya pas waktu malam aja...

      Hapus