Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 10 April 2013

KUNJUNGAN KE PERPUSDA DEMAK

Dalam rangka memenuhi undangan dari KPA (Kantor Perpustakaan dan Arsip)/Perpusda Demak, maka pada hari Senin kemarin TK Muslimat NU mengajak anak-anak melakukan kunjungan ke sana. Selain itu tujuan kami ke Perpusda adalah untuk merangsang minat baca pada anak-anak sejak dini.

Seru sekali kegiatan hari itu. Kami beramai-ramai jalan kaki ke sana. Jaraknya cukup dekat sih. Hanya sekitar 300 meter. Anak-anak terlihat sangat antusias. Karena sebelumnya bu guru sudah mengompori anak-anak. Yakni dengan menceritakan hal-hal mengenai Perpusda, juga buku-buku asyik yang bisa dipinjam di sana.

Tentu saja anak-anak penasaran. Karena setiap hari mereka diberi kegiatan story telling dan story reading yang bahannya bersumber dari buku-buku yang dipinjam dari Perpusda.

Bersembilan kami mengantar ke-165 peserta didik kami. Satu orang guru harus tinggal di sekolahan untuk meng-handle situasi di sana. Siapa tahu ada sidak dari penilik. Atau ada tamu dari wali murid.

Tra la la, tra la la, sambil bernyanyi-nyanyi kami berjalan menuju Perpusda. Wah, jalanan langsung penuh. Musti ekstra hati-hati karena lewat jalan besar.


Sampai di sana kami disambut oleh salah satu pegawai. Sayang bu Kepala KPA sedang tugas luar. Anak-anak langsung di bawa tur kelling. Mulai dari ruang baca. Di sana anak-anak diberi kesempatan untuk mencari buku-buku kesukaannya. Ramai sekali suasananya. Lima belas menit di ruang baca, anak-anak di bawa ke ruang internet. Seru juga di sana. Mengingat anak-anak jaman sekarang biar pun masih TK juga nggak asing dengan yang namanya internet. Anak-anak malah minta dibukakan game. Ketahuan kalau di rumah lihat kompie pasti dibuat mainin game. Tapi karena komputer hanya ada 20 buah, sementara kami seratusan lebih, maka anak-anak hanya sebentar saja di ruang internet. Mereka lalu di ajak ke ruang arsip. Dari ruang arsip anak-anak diajak ke ruang administrasi. Tempat pembuatan Kartu Tanda Anggota. Gratis.

Dari tempat pembuatan KTA, anak-anak diajak ke aula di lantai atas. Di sana anak-anak bebas berlarian karena ruangannya cukup lapang. Dan ada banyak mainan di sana. Sudah pasti anak-anak heboh sekali.

Akan tetapi lagi-lagi jumlah mainan yang tidak setara dengan jumlah anak, jadilah berebutan. Untuk mengatasi hal itu, akhirnya dibuatlah kegiatan. Anak-anak diputarkan film, diajak bernyanyi, bermain tepuk, bermain tebak-tebakan, dan mendengarkan story telling dari petugas perpustakaan. Ada juga door prize-nya lho buat anak yang berani maju unjuk diri. Seru sekali pokoknya.

Tak terasa waktu sudah menunjuukan pukul 09.30 WIB. Sudah waktunya pulang. Akan tetapi Ibu Kepala KPA baru saja datang dari tugas luarnya. Sedikit sambutan dan permainan dari beliau. Terpaksa waktu pulang diundur. Terbayang pasti di sekolahan sudah penuh dengan para penjemput anak-anak. Akan tetapi anak-anak juga tidak keberatan waktu pulangnya sedikit molor, karena acaranya memang asyik.

Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak mengenal seluk beluk tentang KPA (Kantor Perpustakaan dan Arsip). Sehingga anak-anak dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Diharapkan juga sedari kecil anak-anak sudah senang membaca buku. Karena dengan membaca kita jadi banyak tahu.

Sampai ketemu di kegiatan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar