Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Sabtu, 21 November 2009

Road to LPMP (Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Guru) Jawa Tengah

Selasa, 10 November 2009


07.00 WIB
Akhirnya hari yang ditunggu datang juga. Aku akan ke LPMP Jawa Tengah sekali lagi untuk mengikuti babak final Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Guru Tingkat Jawa Tengah. Cuaca mendung.Semalaman hujan turun dengan lebatnya. Sempat khawatir juga, jangan-jangan Semarang banjir. Sekarangpun hujan masih turun rintik-rintik.


10.00 WIB
Dalam cuaca mendung aku berangkat ke Semarang diantar suamiku. Setelah pamitan dengan si kecil yang masih 2 th kamipun meluncur. Satu setengah jam dalam perjalanan dengan kendaraan roda dua dari Demak menuju Semarang.

11.30 WIB
Sampai di LPMP, suasana sejuk. Karena matahari rupanya masih malu menampakkan wajahnya. Setelah sampai menuju ruang registrasi. Masih sepi karena katanya panitia belum datang. Check in kamar dulu. Bahkan beberapa temanku kulihat sudah pada check in duluan.
Check in kamar kebagian di wisma 1 lt 3 nomor 19. bener juga di sana aku ketemu sama temenku yang dari Sukoharjo, Ibu Eli Maslikah. Tanya kabar sana-sini, kangen-kangenan terus menuju ke kamar. Eh ternyata kunci ketinggalan, belum ambil di basemen lt 1. beresin barang, istirahat sambil nunggu temen sekamar datang.

12.30 WIB
Habis makan siang ternyata proses daftar ulang belum mulai juga.

13.00 WIB
Proses daftar ulang.

14.30 WIB
Akhirnya temen sekamarku datang juga. Ibu Titik Umiyati dari Blora. Guru SD Temenggeng. Kamipun kenalan dan ngobrol-ngobrol. Lalu suamiku cabut ke Demak.

15.00 WIB
Menuju ke Aula H di lt 3 untuk acara pembukaan. Semua berjalan lancer, setelah itu penyuluhan program.

16.30 WIB
Kembali ke kamar, mandi, sholat asar. Sambil nunggu makan malam.

17.00 WIB
Dapat kunjungan kamar dari teman sesame Demak. Ibu Nur Chasanah, guru TK Purwosari Sayung. Kendati antara Sayung dan Karanganyar jauh tapi seneng juga punya temen sama-sama dari Demak.

18.00 WIB
Habis sholat maghrib kita berkemas ke ruang makan. Lalu ke sekretariat panitia buat ngumpulin data presentasi besok pagi. Wah karena datang tanpa surat panggilan resmi (aku hanya di kasih tahu PS UPTD kalau aku masuk final ke LPMP) jadinya berkasku kurang satu, yakni ngumpulin artikel. Tapi nggak apa-apa sih ntar bisa nyusul.


19.30 WIB
Kumpul di aula H untuk mengikuti seminar tentang penulisan artikel yang disampaikan oleh DR. Mulyadi, HP, pakarnya PTK. Sangat menarik, kita jadi tahu gimana caranya ngrubah karya tulis jadi artikel. Dapat ilmu baru lagi.


21.45 WIB
Pembimbingan artikel selesai, balik ke kamar, sholat isya. Rekan sekamarku Bu Umi sibukmengedit karya tulisnya buat dijadiin artikel. Kaya gini kita emang butuh banget ama laptop. Sayang nih belum punya.
Setelah bu Umi selesai aku pinjam laptop ama dia. Ngedit karya tulis jadi artikel sampai malam banget. Alhamdulillah selesai juga.

23.30 WIB
Pingin istirahat, tapi nggak bisa tidur. Mata ini rasanya enggan terpejam. Bu Umi juga sama. Jadi kita sama-sama tidak bisa tidur. Apalagi bantalnya keras banget. Bikin kaku leher.

Rabu, 11 November 2009
03.00 WIB
Aku terbangun setelah semaleman gak bisa tidur. Kulihat Bu Umi sedang sholat malam. Lama sekali. Nunggu dia selesai eh malah keburu subuh, yah udah mandi aja sekalian.

05.30 WIB
Bersiap-siap, karena presentasi akan dimulai pukul 07.00 WIB. Setelah makan lalu ngecek ruang presentasi di E.1.3. Alhamdulillah dapat presentasi di lt 1. Jadi nggak capek naik turun tangga. Tahun lalu aku presentasi di lt 3, waduh kecapean naik turun tangga. Walaupun ruang presentasi di lt 1 gak sebagus di lt 3, but it,s okay.

07.30 WIB
Hati berdebar-debar menanti saat presentasi. Apalagi saya lihatin KTI temen-temen bagus-bagus semua. Jadi ciut juga nih. But show must go on. Presentasi dilakukan dengan sistem tertutup. Artinya hanya ada 1 peserta dan penguji serta panitia dalam ruangan. Peserta lainnya nunggu di luar. Itu yang bikin berdebar. Apalagi pakai undian. Aku berharap dapat maju di nomor-nomor awal sehingga aku bisa istirahat. Maklum semalam gak bisa tidur. Waktu diundi aku dapat giliran maju di nomor urut 2. alhamdullillah, berarti aku gak capek nunggu seharian. Tapi ada troubel tuh. Saat presentasi peserta pertama gak sengaja kakinya kesandung kabel laptop, jadinya ya laptopnya mati.

08.30 WIB
Alhamdullillah ssat giliranku maju laptop udah baikan lagi. Dengan hati berdebar aku maju presentasi. Tanpa beban and tanpa target. Pokoknya maju. Kita punya waktu 20 menit utk presentasi. 10 menit pemaparan dan 10 menit tanya jawab.
Sempat spot jantung juga saat dicecar pertanyaan sama dewan juri. Soal hasil Wallahualam.

08.45 WIB
Aku cari-cari Bu Heradini Faizah, juara 3 tahun lalu. Kok belum kelihatan? Padahal namanya ada di daftar peserta. Bu Eli bilang Bu Dini lomba APE dulu di Dikjur. Eh gak tahunya waktu dihubungi lewat HP Bu Dini baru saja melahirkan, jadi nggak bisa hadir. Selamat deh ya buat baby barunya.

09.00 WIB
Nyari tempat rental komputer buat ngeprint artikel semaleman, eh kagak ada. Terpaksa balik ke kamar. Disana Bu UMI ternyata udah selesai presentasi. Ya udah istirahat dulu.

11.00 WIB
Ngecek flasdisk di laptop-nya bu Umi. Yach semua data dan artikel yang aku tulis semaleman ilang terkena virus. Terpaksa minta CD yang semaleman aku kumpulin ke panitia buat di edit lagi.

12.30 WIB
Habis makan siang bu Umi dijemput temannya keluar. Ya udah nitip ngeprint aja. Sementara itu aku mau tidur dulu, ngantuk. Tapi kok mata ini tidak mau terpejam. Padahal ngantuk sekali lho.

14.30 WIB
Bu Umi balik ke kamar. Dia bilang susah nyari tempat rental di semarang. Masa dia nyari tempat rental sampai ke Tembalang. Maklum deh orang semarang pada punya PC jadi nyari rental komputer ya susah.

18.15 WIB
Sudah mandi, sudah sholat dan makan. Buat merintang waktu, bu Umi ngusulin nyari hotspot. Mau ngenet. Tanya sana sini akhirnya kita stanmd by di depan. Tapi susah banget nyari jaringan. Eh malah Bu Umi ketemu dosennya di kuliahan. Dr. Nugroho. Ya udah dengerin mereka ngobrol.

20.00 WIB
Parkir dekat koperasi. Ngobrol sana-sini sambil menikmati wedang jahe. Seger.

21.00 WIB
Kembali ke kamar. Rasa kantuk mulai mendera. Tapi beberapa teman masih ngobrol di kamar. Ya udah nemenin mereka ngobrol dulu. Tapi rasanya aku sudah bener-bener ngantuk hingga akhirnya tanpa sadar aku tertidur sendiri.

Kamis, 12 November 2009
03.00 WIB
Terbangun karena Bu Umi bangun untuk sholat malam. Ikutan sholat juga. Rupanya semalam aku tidur nyenyak. Mungkin saking capeknya. Bu Umi tidur lagi, sementara aku nulis jurnal ini. Sampai subuh. Eh Bu Nur Chasanah, temen yang dari Demak itu SMS ngajak jalan-jalan pagi. Ya udah aku sholat dulu.

05.30 WIB
Jalan-jalan pagi sama Bu Nur Chasanah keliling komplek LPMP. Ngobrol sana-sini tukar pengalaman. Ternyata beliau itu juara guru berprestasi th ini. Tukar-tukar pengalaman lalu balik ke kamar, mandi dan siap-siap acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang.

08.30 WIB
Persiapan upacara penutupan dilanjutkan pengumuman pemenang. Hati deg-degan juga kendati tidak berharap banyak.
Berikut peringkat untuk kategori Taman Kanak-Kanak
1. Ria Winanti TK Islam Kanitia Tiara Sukoharjo
2. Titi Budi Lestari, SE TK Atraktif Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar
3. Maslichan, A.Ma.Pd, SE TK Putra Santana Terusgede Rembang
4. Retno Widianingsih, S.Psi TK Atraktif Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar
5. Ruli Irawati, A.Ma.Pd TK Atraktif Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar
6. Ifan Prasetyo TK Melati, kec. Tulis Batang
7. Eli Maslikah, S.Pd.I TK/RA Baiturrahmah Sukoharjo
8. Sri Wahyuni, S.Pd TK Pertiwi, Gersi, kec. Jepon Blora
9. Nurchasanah, S.Pd TK Purwosari Sayung, Demak
10. Sri Wahyuti, A.Ma.Pd.Tk TK Larasati Bandungrejo Karanganyar Demak
11. Endang Supartini TK Pertiwi Kutuk, Undaan, Kudus.
12.Wulansari Nurul Amanah TK Aisyiyah Ceporan Kec Mateseh Karanganyar
13.Sularsih, S.Pd TK Pembina Batang, Batang
14.Erni Jumiastuti TK Pembina Sukoharjo
15.Nurnaningsih TK Aisyiyah Kluwut Bulakamba Brebes
16.Sri Retno Ningsih, S.Pd TK Kutilang 01 Pekalongan utara, Pekalongan
17.Dra. Sariyah TK Islam Al Azar Cilacap
18.Wiji Hastuti, S.Pd TKN Pembina Sukoharjo
19.Siti Khomsatun TK-SD Satu Atap Karangpaing Penawangan Grobogan.
20.Sugiyanti TK Integral Yaa Bunayya Surakarta
21.Sri Pangestuti RA Almadina, Kroya Cilacap
22.Harniti, S.Pd TK Aisyiyah VIII Bancak Kembang Purwokerto.

Yah aku ada di peringkat 10. nggak apa-apa deh. Ntar tahun depan ngikut lagi. Sampai jumpa LPMP. Siap-siap mau ke Jakarta. Ada panggilan dari Pusbuk. Lomba Penulisan buku Pengayaan 2009.

2 komentar:

  1. Hai ini aku ifan prasetiyo yang peringkat 6

    BalasHapus
  2. hallo juga, Pak Ifan. Gimana kabare? sudah nyiapin PTK untuk 2010 apa belum?

    BalasHapus