Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Kamis, 16 Februari 2012

BERMAIN WARNA DENGAN KELERENG

Banyak sekali ragam kegiatan pengembangan motorik halus untuk anak usia dini. Salah satunya adalah BERMAIN WARNA DENGAN KELERENG. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan. Dan sudah pasti anak-anak sangat menyukainya.

Simak, ya.

Kegiatan : Bermain Warna dengan Kelereng
Lingkup Pengembangan : Motorik Halus
Tingkat Pencapaian Perkembangan : Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
Indikator : Bermain warna dengan berbagai media, misal : krayon, cat air, benang, kelereng, dll. (FM 55)

Alat dan Bahan

: 1. Kelereng
2. Pewarna poster (merah, kuning, hijau, dll)
3. Air
4. Baki
5. Mangkok dan sendok
6. Kertas
7. Gunting

Cara melaksanakan kegiatan

: 1. Campur cat dengan air dalam mangkok yang berbeda-beda. Usahakan campuran jangan terlalu encer supaya cat dapat menempel di kelereng. Aduk dengan sendok. Masukkan kelereng ke dalam masing-masing mangkok.

2. Buat pola dari kertas. Pola sesuai selera. Lebih baik sesuaikan dengan tema yang sedang berjalan. Misalnya pola baju untuk tema Kebutuhanku dan Rekreasi, dll.
3. Ambil baki, letakkan pola yang telah dibuat di tengah-tengah baki. Ambil masing-masing satu kelereng yang telah tercampur dengan warna dari tiap-tiap mangkok. Usahakan sendok yang digunakan terpisah, supaya warna tidak tercampur.
4. Goyangkan kelereng dalam baki sampai semua pewarna yang semula menempel di kelereng berpindah di pola. Ambil pola dan keringkan.
5. Tempel di buku tugas anak-anak.
supaya meja tetap bersih selama kegiatan berlangsung, maka meja bisa dialasi dengan koran atau plastik. Tujuannya agar cat yang tercecer pada saat anak-anak mengambil kelereng tidak mengotori meja.

Selamat berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar