Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 22 Juni 2022

Refresing ke Umbul Sido Mukti Bandungan

Alhamdulillah hari Rabu kemarin, 22 Juni 2022 guru-guru TK, KB beserta ustadzah Muslimat NU Demak berkesempatan melakukan tabadur alam bersama. Destinasi wisata yang dipilih diantaranya Candi Gedong Songo, Pasar Bandungan, Pemandian Alam Umbul Sidomukti dan pusat oleh-oleh Cimory. Pukul 7 pagi berkumpul dan alhamdulillah setengah delapan cus berangkat. Mendekati kota Semarang arus lalu lintas padat merayap. Namun setelahnya alhamdulillah lancar.

Menggunakan armada "Annisa Tour and Travel" yang kebetulan milik dari salah satu guru TK Muslimat NU sendiri Ibu Annisaturrohmah. Dan dipiloti special oleh suami beliau sang owner yang full service dan full banyolan Pak Bro Ansori Ahmad.

Destinasi pertama Candi Gedong Songo. Jam 9 pagi kita sudah sampai di puncak gunung Ungaran tempat Candi Gedong Songo bermukim. Kabut masih menyapa saat kami turun dari kendaraan. Disambut hawa dingin pegunungan yang syahdu.

Tiket masuk di sini 15.000 untuk pengunjung Domestik dan 75.000 untuk tourist mancanegara. Tujuan kami ke sini pingin berendam di air panas biar hilang segala penat. Sayangnya ketika sampai di sana ternyata kolam air panasnya bocor dan belum diperbaiki. Ada sih pancuran buat mandi. Akhirnya kita batal berendam. Dan hanya ambil foto di beberapa spot. Kami gak naik memutari candi karena pastinya akan menghabiskan waktu. Kita kongkow sejenak sembari menikmati hangatnya jagung godog yang manis. Sambil berfoto bersama. Habis itu lanjut perjalanan ke Umbul Sidomukti. Tetapi karena Umbul Sidomukti rutenya agak ke bawah setelah Pasar Bandungan, maka kita mampir dulu di Pasar Bandungan buat beli oleh-oleh. Sayuran, buah-buahan dan bunga. Tak lupa menikmati seporsi sate kelinci di Warung Sate Pak Narso. Yang gak doyan kelinci karena kebayang manisnya saudara BOBO itu loncat-loncat bisa memilih sate ayam.

Habis itu turun ke bawah untuk kembali naik ke Umbul Sidomukti. Haha, perjalanan naik ke Umbul sempat bikin senam jantung karena jalanan yang sempit dan menanjak. Maklumlah biasa berjalan-jalan di dataran.

Namun spot jantung yang kami alami terbayar sudah dengan indahnya pemandangan yang ada di kawasan Umbul Sidomukti. Belum lagi udara sejuk dan segar yang menyapa. Sungguh indah ciptaan Allah. Maa syaa Allah. Berada di puncak begini menyadarkan kita betapa kecilnya kita. Betapa lemahnya kita yang hanya seperti remahan remahan remahan debu di semesta raya. ๐Ÿฅบ๐Ÿฅบ

Kembali ke Umbul ya. Oh ya tiket masuk di Umbul hanya 5.000 rupiah per kepala. Dan tiket renang hanya 20.000 rupiah. Anak-anak sudah tidak sabar ingin segera nyemplung kolam. Kebetulan beberapa guru membawa anak-anak mereka. Tetapi karena waktunya sudah masuk waktu dhuhur, kita sholat dulu. Habis itu, cuss kita kungkum di kolam Umbul Sidomukti. Maa syaa Allah airnya dingin dan sejuk segar. Perlu penyesuaian dulu nih biar badan gak kaget. Ongkang-ongkang kaki dulu di air sebelum akhirnya berendam. Berasa kembali jadi anak kecil lagi.

Kita memilih kolam bawah karena beberapa guru gak bisa berenang. Sembari menemani anak-anak. Namun ada juga beberapa guru yang mencoba berenang di kolam atas. Kolam atas memiliki kedalaman 1,3 dan 1,6 m. Sementara kolam bawah 1,2 dan ada yang lebih dangkal.

Puas berendam kita lanjut perjalanan. Karena si perut sudah mulai padha bernyanyi. Pilihan kita ke Rumah Makan Suharno 2 di Jimbaran. Menikmati gurami bakar yang lezat.

Habis dari Suharno kita otw ke Cimory buat beli oleh-oleh. Di ufuk barat langit sudah memerah saga. Pertanda pergantian waktu akan segera tiba. So kita di Cimory hanya sebentar saja. Lanjut perjalanan pulang ke Demak kota tercinta. Karena sudah masuk waktu maghrib, kita melipir cari tempat sholat. Habis itu pulang. Perjalanan lumayan lancar.

Kalau ada macet merambat karena terkendala air rob yang naik ke jalanan di wilayah Sayung. Alhamdulillah sampai di Demak pukul 8 malam dengan selamat.