Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 14 Mei 2011

SUSAHNYA MENGAJAK GURU UNTUK ‘MELEK INTERNET’

Salah satu impian saya adalah memperkenalkan dunia internet ke dalam dunia pendidikan di lingkungan saya. Dan itu ingin saya mulai dengan mengajak para guru semua untuk memanfaatkan fasilitas internet. Saya ingin memperkenalkan manfaat internet untuk kemajuan pendidikan. Melalui internet kita bisa bertukar informasi tentang pendidikan. Tidak dapat kita pungkiri kalau manfaat internet sangat besar sekali. Untuk itu saya ingin memperkenalkan dunia blog kepada rekan-rekan guru semua.

Mulanya saya begitu senang berangan-angan untuk memberikan sedikit pengetahuan kepada guru agar mereka menjadi ‘melek internet’. Angan-angan saya ingin memanfaatkan fasilitas internet sebagai ajang sosialisasi, pengenalan, publikasi, berbagi pengetahuan melalui media blog. Dengan cara membuat weblog untuk sekolah. Alangkah senangnya kalau setiap sekolah itu mempunyai blog sekolah. Sehingga mereka punya sarana untuk berbagi informasi tidak hanya kepada sesama rekan guru, wali murid, namun juga terhadap masyarakat luas. Melalui blog yang memuat tentang seluk beluk kegiatan di sekolah secara otomatis kita akan punya kontrol terhadap kinerja kita. Sehingga kita bisa lebih meningkatkan kualitas diri kita baik itu sebagai pendidik atau pun juga sebagai manusia yang hidup bermasyarakat.

Namun belum-belum saya sudah menerima penolakan dari banyak pihak. Sepertinya rekan-rekan sudah ketakutan duluan mendengar kata internet. Seakan-akan dunia internet itu adalah dunia negatif yang harus dijauhi. Mereka takut akan dampak buruk yang ditimbulkan oleh internet. Merasa belum pantas kalau harus mejeng di internet. Takut web kena hack sehingga akan mendapat kiriman gambar yang tidak semestinya. Dan masih banyak lagi alasan yang membuat proposal pembuatan blog sekolah yang saya impikan kandas di tengah jalan. Saya menjadi sedih. Jika para guru saja punya pikiran seperti itu? Kapan ya kita akan bisa maju?

Harus ada penyadaran kalau kemajuan teknologi itu sebenarnya bagus. Kalau pun ada dampak negatif yang ditimbulkannya itu semata-mata karena faktor manusianya. Semoga tidak semua guru kita punya pikiran sempit terhadap dunia internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar