Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Sabtu, 05 Maret 2011

KELAYAKAN PERMAINAN OUTDOOR DI SEKOLAH

Kemarin siang tiba-tiba anak saya pulang dengan diantar dua gurunya. Saya pikir ada apa? Saya lihat baju putih anak saya berlumuran darah. Saya langsung syok melihat kepala anak saya bocor. Saya berpikir apakah anak saya berkelahi? Tapi rasanya tidak mungkin. Dia bukan anak nakal yang seneng bikin ulah. Tak tahunya, anak saya kejatuhan kayu penopang net lapangan sepak takraw saat dia diperintah melepas net oleh gurunya. Perintah murid sih boleh-boleh saja. tapi pertimbangkan juga dong keamanannya. Lha anak saya tingginya cuma 120 di suruh melepa net? Waw, yang bener saja...

Masyaallah! Tapi untungnya tidak parah. Cuma satu jahitan. Tapi dasarnya saya yang kurang tahan kalau lihat darah jadi ngeri juga. Dalam pikiran saya kok bisa penyangga net sampai jatuh? Bagaimana?

Wah, perlu diinspeksi nih peralatan permainan di sekolah. Kalau membahayakan anak seperti ini kan berabe.

Area outdoor merupakan area yang menyenangkan bagi anak-anak. Di sana mereka bisa berekspresi dan bereksplorasi mengasah kemampuan kognitif, mental, fisik, dan juga sosial emosional. Namun dalam pemasangan area outdoor perlu dipertimbangkan soal lokasi, tata letak, dan yang terpenting adalah masalah keamanan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk area permainan di luar hendaknya tidak mengundang bahaya, semisal tidak runcing/tajam, tidak mudah berkarat, cat tidak beracun. Seperti anak saya yang kejatuhan penopang net dari kayu. Pemilihan kayu untuk penopang net dapat membahayakan karena kayu mempunyai sisi yang tajam. Sehingga kalau menajtuhi orang kepala bisa juga bocor.

Disamping itu penataan letak area outdoor sangat perlu dipertimbangkan. Pemasangan ayunan hendaknya memiliki lokasi yang luas sehingga tidak membahayakan anak-anak yang menggunakannya.

Anak-anak merupakan penjelajah yang alamiah. Mereka suka mencoba berbagai hal tanpa memikirkan resiko yang kadang membahayakan diri mereka. Anak-anak juga seringkali perhatiaanya hanya terfokus pada satu hal sehingga kurang memperhatikan keadaan sekelilingnya. Bisa juga mereka salah mmempersepsikan permainan yang dihadapi. Misalnya mereka bisa saja salah dalam menilai ketinggian pijakan sehingga dapat mencelakai dirinya ketika mereka melompat.

Untuk itu dalam penggunaan area outdoor diperlukan juga ketegasan aturan. Misalnya tidak boleh berebut dalam penggunaan area outdoor, saling toleransi sesama teman, dan sebagainya. Diperlukan juga prosedur pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan di area permainan outdoor. Dan paling penting adalah adanya pengawasan. Mencegah kecelakaan dan terjadinya luka-luka adalah lebih baik. Jangan sampai anak-anak dibiarkan lepas bermain di area outdoor tanpa pengawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar