Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan

Rabu, 31 Agustus 2016

10 Tips Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak

BELAJAR ASAL2AN MAKA HASILNYA JUGA ASAL2AN. LAKUKAN LANGKAH BERIKUT YA BIAR HASILNYA JUGA BAGUS.

Kita sering menuduh anak tidak suka belajar (baca buku teks) karena minat anak yang rendah terhadap bacaan dan tidak ada motivasi belajar. Tidak ada anak yg malas, mereka hanya belum menemukan metode yang tepat atau guru yang dapat memahami karakternya. Perhatikan hal berikut ya ...

Beda bahasa buku, beda penyampaian maka beda pula hasilnya.


Contohnya ...

BANDINGKAN KEDUA KALIMAT INI :

"Matahari adalah bintang. Disebut bintang karena matahari dapat menghasilkan cahaya sendiri. Berbeda dengan bulan, yang menerima pantulan cahaya dari matahari shg tidak dapat dikategorikan sebagai bintang."

BANDINGKAN DENGAN INI ...

"Di suatu pagi, matahari bersinar dengan terangnya. Sempat terpikirkan kenapa matahari selalu bersinar tepat waktu, setiap hari. Bergerak dari arah yang sama dan tidak berubah. Sempat pula terpikirkan, apakah matahari menyiapkan bahan bakarnya setiap hari seperti nenek yang menyalakan kompor utk memasak?

Nenek, meskipun orang yang rajin, tapi kadang dia juga telat bangun. Jika itu terjadi, maka aku adalah cucu berikutnya yang bangun kesiangan dan telat berangkat sekolah. Aku heran, mengapa matahari begitu tepat waktu, siapa yang menggerakkan dia? Siapa yang menyalakan kompor di tubuhnya? Apakah api itu abadi? Apa yang terjadi di sana? Dan, hei katanya di langit ada bintang. Benarkah? Apakah matahari itu juga termasuk bintang?
Kenapa?

Dua kalimat di atas sama2 membicarakan matahari sebagai bintang. Akan tetapi utk kalimat pertama, sifatnya dogmatik. Atau memberitahu anak bahwa inilah yang harus kamu pikirkan dan konsep inilah yang harus kamu terima.

Berbeda dg kalimat kedua yang cenderung memberi alur berfikir pada anak, bagaimana memunculkan ide atau gagasan bahwa matahari memang merupakan bintang. Pertanyaan2 filosofis ini akan membuat anak tertantang utk memikirkan jawabannya dan merangsang keingintahuannya. Kalimat kedua akan membuat anak mencintai bidang sains sebab tidak disampaikan dalam bentuk dogma, tanpa alur, langsung telan mentah-mentah.

Berikut ini 10 cara agar anak belajar mencintai dan menguasai materi yang dipelajarinya (ahli) :

1. Cari metode belajar yang bagus, anak suka dan dapat merangsangnya mencintai aktivitas belajar agar belajar tidak lagi menjadi beban.

2. Makan teratur dan bergizi.

3. Berolahraga teratur

4. Berfikiran positif

5. Tidur yang cukup

6. Jeda waktu ketika belajar, karena otak perlu waktu utk menyerap materi.

7. Buatlah target pencapaian

8. Cari waktu belajar yang tepat untuk anak.

9. Ujian terkadang penting utk mengetes seberapa anak memahami sebuah materi. Tes bukan difungsikan utk membandingkan kecerdasan tapi utk mengukur penguasaan materi anak secara pribadi.

10.Tempat terkondisikan untuk belajar, yaitu tempat yg tenang dg sedikit gangguan.

Anak Anda suka membaca saja tidak cukup, Anda perlu mengetes pemahamannya terhadap teks yang dibacanya (utk mengukur kemampuan memahami bacaan). Sebab sebagian anak, memiliki kemampuan literasi yg rendah dan pemahaman yang salah terhadap teks. Anda perlu membimbingnya agar pemahamannya tidak tersesat dg memberinya tes. Sering dijumpai, anak2 yang meluangkan sebagian besar waktunya utk belajar, tapi salah memahami konsep tertentu disebabkan pemahaman thd bacaan sangat kurang. Dan sering pula ditemukan anak yg salah menjawab soal sebab tidak dapat memahami pertanyaan, bukan tidak mengetahui jawabannya.

@Diena Ulfaty, owner abaca flashcard.

Semoga bermanfaat

Mau coba pakai Abaca Flash Card, Bun?

Buruan hubungi SMS/WA 085867486151 ya
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 30 Agustus 2016

Cara Mendeteksi Apakah Seorang Anak Stres Diakibatkan Oleh Tekanan Belajar?

CARA MENDETEKSI APAKAH SEORANG ANAK STRES DIAKIBATKAN OLEH TEKANAN BELAJAR?

Oleh Tim Kreatif ABACA flashcard

Ada yg bilang belajar calistung adalah penyebab utama anak2 stres, padahal pendapat itu patut dikritisi sebab apabila calistung disebut2 sebagai "perenggut" masa bermain mengapa Inggris dan Amerika mengenalkan konsep huruf seperti bentuk dan bunyinya di usia TK (4 atau 5 tahun)? Bahkan para ahli literasi dari Amerika spt yg dikutip dari huffingtonpost (surat kabar terkemuka di Amerika) menyebutkan anak2 harus sudah dikenalkan "building block of reading" spt bentuk dan bunyi huruf ketika usia TK (sekitar 4 atau 5 tahun) agar lebih mudah menerima dasar2 membaca ketika masuk SD.

Nah, tapi sayangnya, penerapan di lapangan utk praktik calistung sendiri, sangat beragam. Dan umumnya, para guru menggunakan metode konvensional yg pendekatannya kadang tidak dapat diterima rasional. Spt menggunakan operasi penjumlahan ketika belajar membaca, contoh (b+a = ba), yg tentu ini membuat pembelajaran membaca menjadi tidak menyenangkan dan bikin stres. Apalagi ekspektasi guru jg berlebihan.

OK jadi faktor penentu apakah anak fun atau tidak saat belajar bisa dicirikan dari :

1. Metodenya. Sama2 belajar membaca, yg 1 pakai buku, dan yg 1 lagi pakai flashcard abaca, perbedaan hasilnya jauh sekali. Jauh lebih efektif abaca, dibanding buku.

Sudah ada penelitiannya. Sebab dalam 1 halaman buku, memuat terlalu banyak huruf (simbol) yang membuat anak sulit utk fokus shg membaca bisa menjadi beban bagi anak. Materi abaca, disamping tiap kartu hanya memuat 1 suku kata sistematis, namun suku kata tersebut diurutkan berdasarkan level kesulitannya shg materinya lebih sederhana dan menjadi mudah.

2. Guru. Tak dipungkiri, guru juga menentukan faktor "fun" atau tidaknya pembelajaran. Guru2 yg hebat, akan memahami apakah seorang anak sudah siap belajar membaca. Kemampuan analisis kesiapan anak, menentukan "fun" tidaknya proses pembelajaran di kelas. Sebab guru yg gagal menganalisis umumnya memberikan ekspektasi berlebih pada anak yg belum siap belajar simbol (huruf).

3. Kesiapan murid

Murid yg sudah siap belajar membaca akan lebih peka terhadap huruf dibanding yg belum siap. Anak2 dg kepekaan tinggi, mudah sekali merespon huruf dan jika didukung poin no 1 dan 2 di atas, maka kemajuannya akan sangat signifikan. Bahkan anak2 yg siap belajar membaca, bisa lulus abaca seri 1 dan 2, HANYA dalam 1 jam saja dan bisa membaca kalimat sederhana.

HINDARI TEKANAN SAAT BELAJAR

Tekanan saat belajar muncul ketika beban materi melebihi yg sanggup diterima anak. Misal, orangtua yg menekan anaknya dan memberi target bahwa anak harus sudah bisa membaca sangat lancar sebelum SD. Umumnya orangtua atau guru, yg fokus pada hasil (bukan proses) akan memunculkan tekanan belajar pada muridnya. Dan ini akan menimbulkan efek trauma belajar atau membenci aktivitas belajar.

ANAK TIDAK TERTEKAN MESKI BERPRESTASI ASAL MEMENUHI SYARAT BERIKUT :

Perkembangan setiap anak berbeda. Umumnya anak2 dg kecerdasan logika tinggi menjadi early fluent reader (pembaca lancar usia dini). Jika anak Anda lancar membaca usia sebelum SD, dan Anda tidak memaksanya belajar (kemampuan membaca diperoleh bukan dengan tekanan tapi karena kemauan anak sendiri sebab memiliki media yg dapat merangsangnya belajar tanpa beban), anak tidak sering sakit (termasuk sakit secara emosional seperti depresi, dan terperangkap dalam hubungan destruktif), masih punya waktu utk kehidupan sosial di samping keluarga, maka itu pertanda anak Anda sehat.

Anak2 yg ditarget utk menguasai banyak ilmu, dan mengikuti banyak les, sampai2 waktu istirahat hanya sebentar (sore dan malam hari), cenderung akan memiliki tingkat stres tinggi. Namun, apakah anak menikmati semua kegiatan itu? Lihatlah indikator kesehatannya.
JIKA DITEMUKAN TANDA ANAK BAHAGIA, TIDAK SERING PUSING, JARANG SAKIT, TIDAK MURUNG, MESKIPUN ANAK TSB BERPRESTASI DI SEKOLAH MAKA ITU INDIKATOR DIA SEHAT (TIDAK TERTEKAN).

Mau tanya-tanya...

SMS/WA di 085867486151 ya
Baca Selengkapnya....!

Senin, 29 Agustus 2016

Seorang Ibu dari Inggris Kaget, Anaknya "Yang Bule" Bisa Ngaji dengan Cepat.

KENA APA YA ANAKNYA?


Yg bule ... Yg bule ... Yg bule ... Aja kaget. Apa yg menjadi rahasianya? Si anak bule kok bisa belajar hijaiyah dg cepat melalui guru lesnya, pulang2 dari les udah kasih kejutan ke ibunya. Ga pernah menemukan progres secepat itu. Kena apa sih anaknya? ternyata karena pakai abaca hijaiyah. Sampai ada permintaan agar abaca hijaiyah dibuat dalam versi bahasa Inggris dan dijual utk segmen bule ^^


Abaca ini jalan2 ke mana2. Yg mengapresiasi bukan cuma orang dalam Negeri tapi juga luar negeri. Apalagi yg dari Indonesia, lebih2 kagetnya. Karena yg tadinya ga naik2 IQRO 1, lemot ga karuan, berbulan-bulan IQRO 1 melulu akhirnya pakai abaca, sukses deh sekelas naik kelas ga sampai 1 bulan. Tamat IQRO 1 dan naik jilid 2.


Yg membuat pendekatan abaca menjadi mudah adalah karena ada penelitian dulu mengenai huruf hijaiyah. Lalu dibuatlah box2 yg diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitannya. Lalu diramu dg game yg tingkat kesulitannya terukur. Bun, apa2 itu harus terukur lho. Percuma aja kalo pake game tapi materinya ga karuan sulitnya, akan gagal membuat fun anak2. Jadi jangan salah pilih mainan. Carilah media yg ramah otak dan dibuat dg pendekatan yg hanya dilakukan oleh pakar. INGAT JANGAN LUPA UTK MENGETES KESIAPAN ANAK SEBELUM BELAJAR PAKAI ABACA AGAR HASIL MAKSIMAL.


DAPATKAN SEMUA SERINYA HANYA DI SEMUA AGEN DAN DISTRIBUTOR RESMI ABACA FLASHCARD.


ABACA FLASHCARD TIDAK DIJUAL DI TOKO BUKU.


Mau?

SMS/WA di 085867486151 ya
Baca Selengkapnya....!

Minggu, 28 Agustus 2016

Bisnis Abaca Yuk!

Yuk, siapa yang mau ngagen Abaca, colek saya yach...


KALO BISNIS TUJUANNYA CUMA DUIT YA BAKAL BIKIN DADA SESAK.TAPI KALO YG DIBANGUN ADALAH HUBUNGAN DG ALLAH MELALUI TRAINING DAN MOTIVASI KHUSUS AGEN, BIKIN DADA "MAK NYES"...ADEM KTK DIRUNDUNG MASALAH.


"Barang siapa menghendaki dunia, maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa menghendaki akhirat, hendaklah ia berilmu, dan barang siapa yg menginginkan keduanya, maka hendaklah ia berilmu". (HR. Bukhari Muslim)

Inilah prinsip hidup di dunia, segala sesuatu tidak bisa hanya diukur dg uang, melainkan kita butuh ilmu sebagai bekal kesuksesan kita, termasuk dalam berbisnis, kita butuh ilmu marketing, ilmu sabar ketika bertemu dg si PHP (Pemberi Harapan Palsu) & si TUTI (Tukang Tipu), ilmu tawakkal ketika bisnis kita menghadapi pasang surut, dll

Semua ini bisa anda dapatkan di bisnis kece ini. Bunda Jovie Dhy sdh merasakannya. Dari sekian bisnis yang dia ikuti, hanya abaca yang memberi banyak ilmu shg pengetahuan ttg hakekat rejeki, dll., bisa didapat di bisnis ini. Anda pun juga bisa mendapatkan jika gabung bersama kami. Banyak hal berharga yg bisa Anda dapat dari ABACA secara gratis, yaitu:

- ILMU MARKETING

- ILMU PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK

- ILMU PENGEMBANGAN DIRI

- MOTIVASI DAN INSPIRASI

Itu saja? Nggak lah ... Masih banyak lainnya.

Diskon agen hingga 40%. Bonus penjualan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan bagi agen yg berprestasi. Copas iklan gratis tiap hari dibuat khusus oleh tim kreatif abaca. Brosur dan banner juga digratisin. Bukan bisnis MLM dan sistem bisnis 100% halal.

Nah, kalau fasilitas sudah begini lengkap? Ngapain masih pikir panjang? Hanya di ABACA yg begini, tinggal berselonjor, copas iklan 5-15 menit per hari jg bisa, dan aktif baca training di group, Insya Allah Anda sukses.

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK MENJADI AGEN RESMI ABACA FLASHCARD SEBELUM KECAMATAN ANDA TERKUNCI

Info&pendaftaran Agen, hubungi:

Nama: Sri Wahyuti

Sms/WA: 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 27 Agustus 2016

"Dan Bisa Membaca dan Menulis adalah Hak Setiap Anak."

Sebab tanpa bisa membaca dan menulis, kehidupan anak di masa yang akan datang akan terasa suram. Syarat utama kesuksesan adalah menguasai baca dan tulis.


Ingatlah sejarah dulu, ketika bangsa dijajah, mereka dibuat bodoh dengan adanya larangan mengajarkan membaca, sebab dengan membaca terbukalah segala ilmu dan wawasan. Tanpa bisa membaca, kita bisa terus dibodohi.


Kini kita sudah merdeka, tidak perlu sembuny-sembunyi mengajarkan baca tulis, sebab kebodohan berawal dari ketidakmampuan membaca dan menulis.


Para Bunda harus berupaya mengajarkan ilmu baca dan tulis dengan keringat sendiri ya. Agar kelak bisa menjadi amal jariyah bunda.

Kalo anak bunda mengajarkan lagi ke orang lain, maka pahala bunda akan beranak pinak.

Yang DIINVESTASIKAN ADALAH ILMU bukan fisik bendanya. Jadi setelah membeli Abaca, segera gunakan, lalu kalo ada kesulitan bisa langsung konsultasi pada agen abaca yang Bunda kenal. Jika abacanya tidak dipakai maka gak ada yg diinvestasikan.


Begitu juga buku, yang diinvestasikan adalah ilmunya bukan benda fisik bukunya. Jadi pelajari

ilmu di buku lalu ajarkan, maka itulah amal jariyah. Bukan menumpuk buku pada rak buku biar dikira orang pintar 😄.


Ya ... Buku Sejarah dan Filosofi Abaca sudah terbit, isinya semua yang perlu bunda tahu tentang calistung usia dini. Sedot ilmunya, ajarkan pada semua guru dan orangtua yang Anda kenal. Satu orang bisa mengatasi masalah belajar usia dini karena Anda, lalu mereka menyebarkan ke orang lain, hitunglah berapa pahala jariyah yang Anda miliki. Dan jadilah orang yang bermanfaat, agar kelak tidak merugi di hari akhir.


Semangat para Bunda 😄

Semangat memperbaiki diri terus 😍


-Diena Ulfaty-

Owner Abaca Flashcard

(Grup pembinaan agen abaca pusat, dengan beberapa perubahan)


Untuk Informasi dan Pemesanan bisa hubungi SMS/WA di 085867486151

Baca Selengkapnya....!

Jumat, 26 Agustus 2016

Mau Kaya Dengan Pahala yang Tidak Terputus-Putus?


Banyak orang bingung mencari amal jariyah. Sebagian ada yang berfikir, harus sukses di bisnis dan segera membangun masjid atau semacamnya agar pahala jariyah terus mengalir. Tapi kan, menunggu kaya sampe membangun masjid kan lama. Dan payah... Lalu, sebagian orang mulai berfikir, bagaimana dengan mengajarkan ilmu. Tapi ada syaratnya di sini:


Ilmu apa yg dipakai setiap hari tanpa putus? Dan ilmu ini menjadi HAK SEMUA ANAK UNTUK MENGUASAINYA. Ya inilah ilmu membaca. Mengapa membaca?


Sebab syarat untuk bisa menguasai ilmu apa saja, awal mulanya harus bisa membaca. Tanpa bisa membaca, kebodohan akan merajalela.


Apalagi jika menggunakan media yg ramah otak, tak hanya bisa belajar membaca saja, tapi efek samping lainnya seperti tercipta bonding orangtua dan anak, juga bisa belajar berhitung, anak berpotensi mencintai teks atau buku setelah bisa membaca, dan bahkan bisa juga digunakan utk terapi bahasa anak2 yg kesulitan berbahasa (mengalami Speech Delay).


YANG DIINVESTASIKAN ADALAH ILMUNYA, catat dan garis bawahi, ILMU. Jika bunda telah berhasil membuat Ananda bisa membaca dengan riang karena medianya ramah otak, bunda siap2 panen pahala ketika anak Bunda membaca buku pelajaran di sekolah, membaca tulisan di jalan, membaca apa saja yg bermanfaat pahala yg mengajari membaca terus mengalir. Apalagi jika Ananda kelak mengajarkan ilmu membaca tadi ke orang lain, wah panen pahala jg buat bunda.


Lalu apa yg menghalangi bunda mengajarkan ketrampilan yg paling penting di muka bumi ini? Hanya 5 hingga 10 menit bermain setiap hari sudah cukup. Luangkan waktu buat si kecil agar bunda juga mendapat pahala yg tidak putus2.


Salam buat si kecil di rumah 😊

Dengan Abaca flashcard, anak pintar tanpa merasa bete.


Tim kreatif abaca


Untuk Informasi dan Pemesanan bisa hubungi SMS/WA di 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 25 Agustus 2016

Mengapa Belajar Warna Dulu Sebelum Belajar Huruf?

MENGAPA BELAJAR WARNA DULU DAN TIDAK BELAJAR HURUF DULU?
💝

Banyak orang mengabaikan urutan pembelajaran huruf shg ketika anak mengalami kegagalan mereka menyalahkan metodenya, padahal akar masalahnya tidak semata2 terletak pada metode.


Orangtua perlu menganalisis kesiapan anak sebelum memiliki ekspektasi tinggi terhadap pembelajaran huruf. Misalnya, anak belum menguasai warna dan kesulitan membedakan warna2 primer dan kompleks tapi orangtua pengen anak bisa belajar membaca dulu.


Ini ibaratnya mengharapkan anak bisa belajar perkalian padahal belum paham penjumlahan. Jadi, belajar itu harus urut agar memudahkan orangtua dan anak dalam menjalani proses belajar itu sendiri. Agar anak tidak terbebani dan proses belajar menjadi menyenangkan.


Jadi pembelajaran warna merupakan pembelajaran abstrak yg paling mudah, diantara mengenal bentuk benda dan simbol. Bahkan sebagian anak yg menguasai warna primer pun, belum boleh diajari huruf jika warna kompleks belum juga dikuasai (contoh hijau tua, hijau muda, abu2, dll). Bagaimana mungkin kita mengharapkan menguasai ketrampilan sulit jika yg lebih mudah saja belum menguasai?


Dan masih ada tahapan lain juga sebelum anak dibolehkan belajar huruf. Apa saja? Ikuti iklan SMART ABACA FLASHCARD agar bunda makin pintar menangani masalah belajar anak usia dini.


*Iklan ini dipersembahkan oleh tim kreatif abaca flashcard.


Pemesanan Hubungi 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 24 Agustus 2016

Abaca Flash Card Tidak Sama Dengan Glenn Doman FlashCard (2)

KATA SIAPA ABACA SAMA KAYAK GLENN DOMAN FLASHCARD? YG BILANG GITU BERARTI "MEREM"

(bag. 2)


Flashcard terus mengalami perkembangan jadi jangan memukul rata bahwa semua flashcard sama. Kalo satu flashcard membuat Anda gagal, lalu menuduh flashcard lain sama saja merupakan tindakan sembrono dan kurang bijak. Jadi ada banyak jenis flashcard di pasaran, bahkan versi tiruan Glenn Doman flashcard pun dijual sebab flashcard aslinya harganya bisa sampe jutaan jika membeli sepaket komplit.


Jadi Anda harus pintar membedakannya pula. Jangan pukul rata. Apa yg membedakan abaca dg Glenn Doman Flashcard?

Metode abaca flashcard memiliki 11

perbedaan dg Glenn Doman Flashcard :

1. Bukan kartu berisi "kumpulan kata"

2. Tanpa eja

3. Tanpa mengenal huruf terlebih dahulu (tapi anak yg mengenal huruf pun bisa menggunakannya juga)

4. Metodenya cepat

5. Mudah diingat

6. Ada gambar di belakang kartu utk membantu proses asosiasi agar anak lebih mudah mengingat huruf.

7. Menyenangkan

8. Dilengkapi game

9. Tersusun sistematis dan terklasifikasi menurut pola tertentu.

10. Ramah otak

11. Harga terjangkau


Ke 11 hal di atas yg membuat abaca berbeda dg Glenn Doman Flashcard. Jadi jangan disamakan ya 😄


Tapi anak2 juga bisa membaca dengan Glenn Doman Flashcard hanya saja mereka membaca dg teknik yg disebut para ilmuwan dg "memorizing" yg menurut definisi ahli literasi bukanlah termasuk proses membaca. Dan ini masih menjadi bahan perdebatan. Namun emang faktanya bayi2 yg diajari kartu berisi kata2 bisa menunjukkan kata yg berbunyi Apple, Bag, Box, Dog, dll. Jadi seolah2 bayi2 ini bisa membaca. Jadi pendekatan yg digunakan abaca, sangat berbeda dg Glenn Doman flashcard. Yang jelas, abaca tidak disarankan digunakan utk bayi meskipun dilengkapi game. Sebab penemu metode ini, termasuk yg memilih pendapat ilmuwan yang mengatakan bahwa belajar membaca baru bisa dilakukan ketika otak anak berkembang, yaitu sekitar usia 3 - 4 tahun (sesuai dg kesiapan anak).


Ikuti iklan2 SMART ABACA FLASHCARD agar bunda makin pintar dalam memilih media berkualitas


*Iklan dipersembahkan oleh tim kreatif abaca flashcard.


More Info 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 23 Agustus 2016

Abaca Flash Card Tidak Sama Dengan Glenn Doman FlashCard (1)

KATA SIAPA ABACA SAMA KAYAK GLENN DOMAN FLASHCARD? YG BILANG GITU BERARTI "MEREM" 😁

(Bagian 1)


Jika semua orang mengasosiasikan semua flashcard sama dg Glenn Doman Flashcard maka itu adalah hal yg wajar, sebab Glenn Doman Flashcard adalah pioneer flashcard pertama kali utk belajar membaca dan terapi bahasa anak2 yg memiliki 'cedera otak'. Diperkenalkan oleh seorang ahli bedah otak dari Pennsylvania yg menemukan sebuah teknik utk belajar membaca anak2 yg mengalami cedera otak dg menggunakan Flashcard. Lalu ketika terapinya terhadap anak2 yg mengalami cedera otak tsb sukses (diajari membaca) dg flashcard (kartu2 bertuliskan kata2) maka kemudian Glenn Doman menciptakan flashcard yg isinya ribuan kata dalam bahasa Inggris. Tapi kali ini dia mengujinya terhadap bayi2 yg berusia bbrp bulan, dan bahkan dalam setahun pun katanya bayi2 dalam program Glenn Doman bisa membaca.


Namun ternyata, penemuan Glenn Doman mendapat kritik dari para ilmuwan. Mereka berkata, kalo bayi2 yang ada dalam program Glenn Doman itu bukanlah membaca, mereka memang nampak seperti membaca tapi sebenarnya tidak. Apa yg dilakukan bayi2 ini? Mereka sedang melakukan "memorizing". Apa bedanya antara membaca dengan memorizing?


Sebab Glenn Doman Flashcard berisi ribuan kata dalam bahasa Inggris, jadi anak2 tidak diajak mengenal konsep2 atau variabel2 penting dalam membaca. Menurut para ilmuwan, seorang anak dikatakan bisa membaca jika


1. Mengenal atau mengetahui bunyi huruf jika bertemu huruf lainnya

2. Memahami bunyi kata jika hurufnya berpindah tempat

3. Memahami kalimat

4. Mengenal nama huruf


Dan ketika membaca menggunakan Glenn Doman Flashcard semua itu tidak dapat terpenuhi sebab Glenn Doman mengenalkan anak utk hafalan kata atau disebut memorizing artinya anak2 bisa mengenali bacaan atau bunyi suatu kata tanpa perlu mengetahui komponen2 huruf serta bunyi huruf jika bertemu dg huruf lainnya. Inilah memorizing.


Contoh anak yg bisa membaca SOTO menggunakan Glenn Doman Flashcard tidak akan dapat membaca kata TOSO sebab kata TOSO tidak ada pada kartu.


Dan inilah perbedaannya dengan abaca flashcard. Abaca flashcard mengajarkan cara membaca dengan lebih mudah dan menyenangkan, bukan memorizing.
Apa saja perbedaan antara Glenn Doman Flashcard dan abaca flashcard? Ikuti iklan SMART abaca flashcard agar bunda menjadi pintar memilih media berkualitas.


*Iklan dipersembahkan oleh tim kreatif abaca flashcard.


More Info: 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Senin, 22 Agustus 2016

Tips Menghadapi Anak Bermasalah dengan Bahasa Menggunakan Abaca Flash Card (2)

TIPS MENGHADAPI MASALAH BAHASA ANAK DENGAN MEDIA ABACA FLASHCARD (BAGIAN 2)


Perkembangan bahasa antara satu anak dengan anak lainnya itu berbeda. Anak dg kecerdasan bahasa tinggi tentunya akan sudah pintar membuat kalimat bahkan sebelum usia 2 tahun. Namun roata2 anak, baru bisa membuat kalimat sederhana dg rumus Subyek + kata kerja, ketika usia 2 tahun. Namun sebagian anak di usia tsb belum bisa berkata spt itu dan hanya menyebutkan kata kerja saja ketika mau makan. Contoh, "mamam, mamam." Atau "mam, mam," dll.


Ini hanya ukuran rata2 kemampuan bahasa anak usia 2 tahun. Namun kabar buruknya, ada juga sebagian anak yg belum bisa mengucapkan apa2 kecuali sedikit saja kata benda ketika usia 2 tahun dan ngomongnya kacau sekali. Umumnya ini terjadi pada anak yg kurang terstimulus bahasanya dengan berdialog langsung dengan bunda atau pengasuhnya.


Jika ABACA flashcard bisa menolong anak dg tipe spt ini?


Jika masalahnya kurang terstimulus bahasa utk usia 2 tahun, maka sebaiknya hal yang paling baik adalah sering diajak berdialog langsung dg kalimat sederhana. Jadi jangan memggunakan flashcard dulu, tapi fokus pada berbicara langsung dg anak dan menunjukkan benda nyata. Contoh, alih2 memberitahu gambar apel dan menyebut bahwa apel itu spt gambar, lebih baik Anda tunjukkan apel beneran dan tunjukkan ke anak, shg dia bisa mengenal, merasakan dan memahami benda yang bernama apel itu.


Flashcard abaca baru bisa digunakan ketika anak2 sudah pernah melihat atau mengetahui benda aslinya di dunia nyata. Sebab dikuatirkan persepsi anak dg benda nyata berbeda.


Spt seorang anak yg melihat gambar kartun ikan hiu lalu mengatakan bahwa itu adalah gambar pesawat karena mirip dengan pesawat. Itu artinya anak salah mempersepsi gambar sebab belum pernah melihat wujud benda aslinya. Anak2 usia 2 tahun, sangat buruk persepsinya, shg Anda perlu mengenalkan langsung benda2 di sekelilingnya baru kemudian menggunakan FLASHACARD agar persepsi anak thd benda tidak salah.


Oke, semoga bermanfaat. Ikuti iklan2 SMART abaca flashcard lainnya agar menjadi bunda bijak dalam menangani masalah seputar belajar usia dini.


*Iklan dipersembahkan oleh tim kreatif abaca flashcard


More Info : 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Minggu, 21 Agustus 2016

Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah dengan Bahasa Menggunakan Media Abaca Flash Card

CARA TERAPI ANAK DENGAN MASALAH BAHASA MENGGUNAKAN ABACA FLASHCARD.


Anak2 yg memiliki keterlambatan bahasa itu ada berbagai macam jenis. Ada yg disebabkan disfungsinya bagian otak yang memproses bahasa shg penyerapan bahasanya terganggu. Ada jg yang disebabkan kurangnya stimulus dan ada pula yg disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri (sehingga memilih utk tidak banyak bicara atau takut berbicara).


Contoh

1. Ada jenis anak yg sebenarnya bisa dan paham ketika diajak bicara tapi ga mau bicara. Dan pengucapan bahasanya juga buruk, meskipun dia paham. Tidak banyak kata yg bisa dia ucapkan atau tidak jelas pengucapannya.


2. Ada anak yg ga paham apa yg dibicarakan orang lain dan punya masalah fokus (penyerapan bahasanya rendah)


Jadi mentritmen anak dengan masalah nomor 1 dan 2 tentu saja berbeda.


Nah jika masalah bahasanya itu seperti nomor 1 maka

1. Main tebak gambar aja, utk melatih kecakapan berbicara dan kepercayaan dirinya. Sebab kemungkinan anak2 yg ga mau bicara padahal paham
Bahasanya mengalami perasaan rendah diri (bukan rendah hati ya) alias ga pede blassss atau takut dikritik. Jadi fokus ke masalah membangun kepercayaan dirinya. Caranya misal ambil kartu bergambar payung tapi disembunyikan. Anak diminta tebak.


"Benda apa yg biasa dipake ibu kalo musim hujan?"


Biarkan anak menjawab dan ketika salah jangan dikritik karena kita fokus membangun kepercayaan dirinya.


Biat anak menebak bebas. Tujuannya agar dia mau bicara dan muncul keberanian berkomunikasi.


Bagaimana mentritmen anak dengan masalah nomor 2?


Ikuti iklan SMART ABACA Flashcard agar Bunda lebih bijak dan pintar menangani berbagai masalah belajar anak usia dini.


*Iklan ini dipersembahkan oleh tim kreatif abaca.


More Info hubungi 085867486151
Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 20 Agustus 2016

Belajar yang Membuat Anak Bete

BELAJAR HURUF YANG SEPERTI APA
YANG BISA MEMBUAT ANAK BETE?


Jangan asal mengajari anak membaca, bisa bikin bete lho. Pernah lihat anak ngos2an ketika diminta belajar membaca pake buku? Nah yg spt itu yg membuat anak tertekan. Ciri khas anak tertekan adalah, dia kelihatan ingin belajarnya cepat selesai dan merasa mikir berat. Jika tanda ini ditemukan maka lakukan hal berikut


1. Tes kesiapan anak

2. Gunakan metode ramah otak spt abaca flashcard ketika anak sudah lulus tes kesiapan

3. Latihan Jejer kartu agar anak paham teknik membaca kata

4. Latihan membaca kata di buku belajar membaca yg tersusun sistematis

5. Latihan belajar kalimat di buku belajar membaca yg tersusun sistematis.


Jadi agar proses belajar membaca menjadi menyenangkan, harus melalui tahapan2nya. Ibaratnya ga mungkinlah kita mengharapkan anak bisa berenang jika belum belajar komponen2 yg diperlukan utk bisa menjadi perenang yg ahli. Membaca itu sebuah ketrampilan jadi ajarilah ketrampilan ini dg cara menyenangkan dan ramah otak agar anak dapat mencintai proses belajar ketika sudah menguasai teknik membaca dan bisa membaca.


Ikuti iklan2 SMART abaca flashcard lainnya ya, agar makin SMART menangani masalah belajar anak.


*Iklan ini dipersembahkan oleh tim kreatif abaca flashcard.


More Info sms/WA 085867486151 ya
Baca Selengkapnya....!

Jumat, 19 Agustus 2016

Membaca Itu Ketrampilan yang Rumit Jangan Tambah Rumit dengan Metode yang Rumit

Oleh Tim kreatif abaca flashcard.

Membaca adalah proses yang rumit. Ketika membaca, otak melakukan berbagai macam proses utk membuat tulisan bisa keluar dalam
bentuk kata. Seorang anak bisa melakukan banyak kesalahan selama proses membaca tsb. Anak2 yang punya masalah dalam menguasai ketrampilan ini bahkan ketika usianya sudah besar, umumnya hidupnya juga penuh perjuangan. Seperti anak2 dengan masalah disleksia (salah satunya dicirikan dengan ketidakmampuan mengenali warna, bentuk bidang datar, huruf dan bunyi huruf). Jika ada satu ketrampilan yang membantu anak sukses dalam hidupnya, maka itu adalah ketrampilan membaca. Orang dewasa yang tidak dapat membaca (buta huruf) pada umumnya akan menghadapi banyak masalah dalam hidupnya. Sebab hampir semua aspek dalam hidup memerlukan penguasaan ketrampilan ini.


KESALAHAN besar banyak orang adalah mengajarkan metode konvensional. Mereka beranggapan, jika anak bisa membaca berarti metode tsb juga bisa diterapkan ke seluruh anak (tidak peduli apapun jenis kecerdasan anak tsb).

Harus dipahami, metode yg baik itu bukan sekedar yang hasil akhirnya bisa membaca, tapi juga bisa membuat anak dapat menyerap materi dengan baik. Metode yg baik harus mengkombinasikan otak visual, auditori, dan tactile decoding training. Dan metode konvensional gagal memenuhi semua kombinasi tsb.

Masih mau cara konvensional yg membuat otak kiri bekerja sangat keras dan tidak berimbang? Hasilnya ya wajar kalo bikin anak bete dan ga maju2 progresnya. Cari cara lain donk yg ga bikin bosan. Apa ya? Abaca flashcard. Tidak hanya otak kiri saja yg dipacu bekerja, tapi jg mengkombinasikan kerja otak kanan dengan susunan materi huruf yg sistematis dan terstruktur, materinya disesuaikan level kesulitannya dan dilengkapi game pula. Jadi bikin belajar terasa seperti bermain. Abaca telah terjual lebih dari 350.000 eksemplar dengan 1000 lebih testimoni sukses. Masih mau pake cara konvensional yg bikin bete? Jangan lupa utk tes kesiapan anak sebelum belajar membaca agar hasilnya maksimal.

Salam sukses buat bunda.

ABACA TIDAK DIJUAL DI TOKO BUKU.

Segera hubungi 085867486151 ya
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 18 Agustus 2016

Katalog Abaca Flash Card, Senjata Tempur Emak dan Guru Profesional

Hanya Emak dan guru yang pernah pusing kayak gini.

Pastinya....

Aduh bun, kenapa anakku kok belum bisa baca, padahal anak tetangga sudah bisa baca pake abaca juga. Usianya sama bun. Pusing saya mikirin anak saya sudah mau masuk SD tapi masih kayak gini aja.


Aduh kenapa ya, dia jadi mogok belajar begini?


Wah, kartunya kok diberantakin. Eh kartu diberantakin itu tanda anak normal atau enggak ya, soalnya anak2 lainnya banyak yg anteng tuh main kartunya?


Lha ini kenapa ada anak usia 7 tahun masih aja susah ingat huruf? Emang ga pernah diajarin ortunya apa ya? Kenapa yg 3 tahun dan ngomongnya aja masih dikit kok malah bisa?


Dan segudang pertanyaan lainnya yang bikin pusing sendiri. Makanya utk sikses di bidang apapun perlu ilmu.


Nah bunda, ini ada senjata tempur para emak dan guru profesional deh. Komplit. Ada medianya plus ada sekitar 20 problem solving calistung usia dini yang membantu bunda menghadapi anak2 "istimewa" yang perlu perlakuan khusus sebab kalo ga gitu ya kitanya yg bete.


Ya, kalo Anda buka les2an aja, ga cukup lah hanya punya media bagus aja, sementara di dunia ini tipe anak bermacam2. Ada anak dg kecerdasan kinestetis yg maunya gerak terus, gimana tuh cara ngajarinnya pake abaca? Sudah banyak yg sukses jg lho. Trus ada anak dengan masalah mengingat2 huruf2 tertentu, gimana tuh ngatasinnya? Anak lain sih ga bermasalah, tapi hanya dia yg sedikit "istimewa".


Makanya kalo ingin bertempur buka bisnis bimbel biar sukses kayak Mba Tika yg omzet mencapai 60 juta/bulan dg untung bersih 20 juta/bulan (pake abaca), harusnya punya ilmu FULL ga boleh setengah-setengah, biar tidak salah arah.


Sekarang sudah ada senjata tempur guru profesional dan emak-emak yang pengen buka bimbel, yaitu abaca flashcard + buku katalog abaca. Sekalian jadi pemasar lah biar asyik.


PEMAWARAN KHUSUS


#konsumendanpemasar

310.000 + 189.000 = 499.000 dipotong diskon jadi 474.000 hemat 25.000-an (langsung jadi pemasar juga).


#konsumensaja (non pemasar)

LES BACA PROFESIONAL

145.900 + 189.000 = 334.900,-

Jadi 309.900,-


LES BACA DAN ENGLISH PROFESIONAL

193.800 + 189.000 = 382.800,-

Jadi 357.800,-


LES BACA, ENGLISH DAN HIJAIYAH

310.000 + 189.000 = 499.000,-

Jadi 469.000,-


Asyik ... 😍

Yuk ah

Segera Hubungi 085867486151 ya
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 17 Agustus 2016

Belajar Berhitung Itu, Angka Dulu Atau Kuantitas Dulu?

Belajar Berhitung Itu, Angka Dulu Atau Kuantitas Dulu?

Oleh Diena Ulfaty, owner abaca flashcard

Ada sebagian orang yang melakukan kesalahan fatal ketika mengajari anak usia dini belajar berhitung. Yg dilakukan adalah, mengajari simbol dulu, bukan konsep berhitung secara kuantitas. Apa bedanya?


Kalo kita mau balik lagi kisah sejarah, Anda akan menyadari bahwa penemuan angka pun diawali dengan perhitungan kuantitas. Jadi kuantitas dulu ya, simbol angka dibuat agar memudahkan orang utk berbicara ketika menyebut kuantitas yg banyak. Misal menyebutkan bahwa A punya 5 ekor kambing. Dulu sekali orang2 menyebutnya "keeping A tally" yg diwakili dg garis garis spt lidi berjumlah 4 dan garis horisontal sebagai "pengikat" 4 garis vertikal utk menyimbolkan angka 5. Lalu simbol angka berkembang hingga Anda kenal bentuknya spt yg sekarang.


Nah, begitulah lambang angka ditemukan, anak2 juga harus belajar kuantitas (konsep berhitung terlebih dahulu) sebelum belajar simbol yang mewakili hitungan benda.


Bagaimana cara gampang mengajarkan konsep berhitung? Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini


1. Sediakan kelereng dengan wadah, minta anak memasukkan 1 kelereng ke wadah, lalu meningkat menjadi 2 kelereng, dst. Tapi ingat, memahami konsep berhitung jg memerlukan kesiapan, shg jika anak tidak memahami langsung maka bersabarlah dan ulangi langkah tsb sampe anak memahami makna abstrak di balik berhitung.


2. Umumnya anak akan memahami konsep berhitung di usia 3 tahun, tapi sebagian lagi di usia 4 dan 5 tahun. Setiap anak memiliki kesiapan yg berbeda.


Memahamkan anak dg konsep berhitung lebih mudah dilakukan dg obyek nyata bukan benda abstrak spt layar komputer, HP, buku, yg mengajarkan berhitung atau sejenisnya. Gunakan benda2 riel di sekitar anak dan ajaklah mereka berhitung karena begitulah konsep berhitung diajarkan dengan mudah.


Selamat mencoba

Semoga bermanfaat.
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 16 Agustus 2016

Anak Kesulitan Membaca Sampe Stres? Apakah Dia Mengidap Reading Disorder?

Sekitar 20 - 30% anak dengan ADHD, memiliki masalah kesulitan membaca yang membuat anak2 ini harus berjuang untuk menguasainya. Selain membaca, umumnya anak2 ini jg kesulitan menguasai Matematika (berhitung).


Kesulitan ini pada umumnya terjadi jika anak2 dg ADHD juga mengidap disleksia, sebuah penyakit yang berkaitan dg kesulitan menguasai ketrampilan membaca (reading disability or reading disorder).


Kabar baiknya, penderita ADHD jika ditangani seorang pembimbing yg sabar dan memahami karakter anak serta menggunakan media ramah otak seperti abaca flashcard, kasus reading disability akan terbantu meskipun penguasaan materi membaca tidak secepat anak2 yang tidak memiliki masalah tsb.


Yuk Bunda, bantu anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Dan tentu saja tidak membikin anak tambah stress.

Pakai Abaca Flash Card saja. Murah Meriah tetapi tidak murahan.


Hanya Rp 280.000,- plus ongkir sudah dapat 1 paket komplit.

Terdiri dari:

1 pieces seri 1 belajar membaca dengan game panen es krim

1 pieces seri 2 belajar membaca dengan game menguak misteri rumah strawberry

1 pieces seri 3 belajar membaca dengan game berburu harta karun di ladang coklat

1 pieces belajar bahasa Inggris dengan game mengumupulkan koin pelangi untuk membeli hadiah asyik. Cake untuk cewek, car untuk cowok

1 pieces belajar hijaiyah seri 1 dengan game berburu raja donat

1 pieces belajar hijaiyah seri 2 dengan game pesta permen pizza dan bercerita


Buruan. Sebelum kehabisan...

Baca Selengkapnya....!

Senin, 15 Agustus 2016

Usia 6 Tahun Tapi Masih Tidak Mampu Membedakan Warna dan Bentuk, Apalagi Huruf, Apakah Normal?

Usia 6 Tahun Tapi Masih Tidak Mampu Membedakan Warna dan Bentuk, Apalagi Huruf, Apakah Normal?

Oleh tim kreatif abaca flashcard.

Jika seorang anak berusia 3 atau 5 tahun, tapi belum mampu menguasai warna dan bentuk bidang datar dengan baik, kita masih tidak begitu kuatir. Akan tetapi jika usianya sudah 6 atau 7 tahun tapi tidak mampu menguasai warna2 primer dan kompleks, juga bentuk bidang datar maka kita perlu mengkhawatirkan keadaannya dan segera mencari tahu penyebabnya agar masalahnya dapat segera diatasi.

Salah satu gejala anak dengan disleksia adalah ketidakmampuannya memahami warna dan bentuk bidang datar, dan juga membaca serta berhitung. Anak2 dengan disleksia perlu berjuang keras utk sampai pada tahap bisa membaca. Anak2 ini kesulitan membaca, memahami bacaan dan kalopun bisa membaca huruf2 yg terangkai pada kata sederhana, dia mudah lupa pada apa yg baru saja dibacanya.


Umumnya anak dg disleksia memiliki kesulitan berikut selama proses belajar membaca

1. Menghubungkan huruf dan bunyi huruf. Anak dg disleksia susah memahami bahwa setiap huruf dalam alfabet memiliki suara atau bunyi yg berbeda2.

2. Mengkodekan teks atau dg kata lain menyebutkan bacaan (kata) sebuah teks.

3. Membaca cepat dan lancar. Anak dg disleksia susah utk sampai pada tahap membaca lancar kecuali dg latihan ekstra keras.

Yang jelas menghadapi anak dg disleksia itu perlu kesabaran tinggi. Ga mudah dan perlu pembimbing khusus yg memahami karakter anak. Tapi bukan berarti anak disleksia tudak akan pernah bisa membaca. Mereka bisa, tapi perjuangannya sangat keras. Mereka jg punya potensi sukses di masa depan, jika ditangani dengan baik. Steven Spielberg seorang sutradara film Hollywood adalah contoh penderita disleksia sukses dalam karier dan seorang jenius kreatif.

Mau tahu banyak tentang Abaca Flash Card?

Yuk, sms/WA di 085867486151
Baca Selengkapnya....!