Jika sudah mampir silahkan tinggalkan Pesan, Kritik atau Saran pada kolom komentar. Sebagai tanda persahabatan www.wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Rabu, 30 November 2011

BERMAIN DENGAN DAUN-DAUN


Dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak terbagi menjadi beberapa tema. Dan dari sekian banyak tema yang menjadi favoritku adalah tema tanaman. Di tema itu aku merasa sangat enjoy. Mungkin karena kecintaanku pada tanaman, sehingga berasa menyatu. Selain itu aku bisa menerapkan semboyan back to nature dalam penggunaan media pembelajaran. Salah satunya adalah berkreasi dengan daun-daunan.


Aku bisa bermain warna dengan daun jati yang masih muda, aku bisa menganyam dengan daun pisang, aku bisa mengecap dengan pelepah pisang, buah belimbing, dan juga pepaya, aku bisa meronce dengan batang pepaya, aku bisa membuat boneka dari daun singkong, dan aku bisa membuat topi dari daun mangga.


Seperti yang aku lakukan pagi ini. Aku berencana untuk mengajari anak-anak membuat topi dari daun-daunan. Untuk itu sedari kemarin aku telah berpesan kepada anak-anak agar esok hari mereka membawa daun-daunan seperti daun mangga, daun nangka, atau daun jambu yang banyak terdapat di sekitar rumah. Alhasil aku bisa membuat anak-anak penasaran, apa sih yang akan aku lakukan dengan daun-daunan itu? Kan sebelumnya tidak diberi tahu mau membuat apa. Kejutan!!

Walaupun ada juga ortu yang protes nelpon ke sekolah, nanya buat apa sih anaknya disuruh membawa daun-daunan segala?

Alhasil pagi harinya semua kompak membawa daun-daun yang aku minta. Walau ada juga satu dua yang lupa. Atau memang tidak memperhatikan perintah guru. Wajar saja itu terjadi. Untuk mereka yang lupa membawa daun yang aku pesan, dengan rela hati memungut daun-daun kering yang telah jatuh di halaman sekolah. Kebetulan halaman sekolah ada sebatang pohon rindang dengan dedaunan lebar yang tak aku tahu namanya. Namun daunnya sangat bagus untuk berkreasi membuat topi. Dan untuk acara seperti ini lebih bagus memang memakai daun-daun yang telah kering saja. Jadi tidak merusak lingkungan. Bukankah cinta lingkungan harus ditanamkan semenjak dini. Dengan cara mereka harus mulai mencintai alam diantaranya cinta pada pohon yang merupakan sumber penghidupan.




Seru juga anak-anak ini. Banyak yang membawa daun mangga seperti yang aku minta. Tapi alamak, ada yang membawa daun ketela pohon. Benar-benar deh, kurang memperhatikan perintah guru. Tapi sangat geli menyaksikan hal itu. You make me smile Kids!!




Setelah memberikan contoh dengan berdemonstrasi membuat topi dari daun, saatnya giliran anak-anak merangkai daun-daun itu menjadi satu dengan biting (potongan sapu lidi) yang telah aku persiapkan semalam. Seru sekali. Banyak yang belum bisa menyematkan biting dengan baik. Banyak juga yang sudah mahir dalam urusan semat menyemat lidi ini. Kalau yang beginian banyak dari anak perempuan. Mungkin di rumah mereka terbiasa main pasar-pasaran dengan daun-daunan. Namun mereka yang belum bisa pun dengan antusias belajar.




  Dan kerja keras anak-anak ini pun terbayar sudah, sebuah topi/mahkota dari daun-daunan siap dipasang di kepala. Serasa kembali ke jaman kekaisaran Roma yang bermahkotakan daun-daunan. Atau seperti miss universe yang gagal pentas dan hanya berhasil menggondol mahkota daun (hahahah, seperti ledekan teman saya). Tapi acara bermain dengan daun-daun ini sangat seru sekali.

Pokoknya dalam pembelajaran tema tanaman kita tidak bakalan kehabisan ide. Ayo gali imajinasimu dan bermainlah. Back to nature.

Baca Selengkapnya....!

Kamis, 24 November 2011

PESTA SEJUTA BUKU

Pada hari Kamis tanggal 24 sampai dengan hari Minggu tanggal 27 November2011 di Perpusda Demak diadakan acara Pesta Sejuta Buku. Selain pameran buku, diadakan pula kemeriahan berbagai macam lomba. Diantaranya Lomba menyanyi bagi siswa-siswa SMA dan SMK, lomba baca puisi yang diikuti oleh siswa-siswi SMP dan lomba mewarnai gambar untuk siswa TK dan PAUD.

Lomba menyanyi diadakan pada tanggal 24 November bersamaan dengan pembukaan Pesta Sejuta Buku. Sedangkan lomba baca puisi diadakan keesokan harinya tanggal 25 November 2011. Untuk lomba mewarnai gambar bagi siswa PAUD dan TK akan diadakan tanggal 26 November 2011.

Sayang sekali untuk Lomba mewarnai TK-ku tidak bisa berpartisipasi karena kami terlambat melakukan pendaftaran. Kami terlupa pada tanggal penutupan. Sungguh sangat disayangkan. Padahal lomba-lomba seperti ini bagus untuk mengasah mental anak.

Dan walaupun tidak bisa berpartisipasi dalam lomba mewarnai, pameran buku selalu menyita perhatianku. Berarti alamat ada pengeluaran tak terduga untuk memborong buku-buku favorit. Alhasil begitu jam sekolah bubaran, aku langsung menuju ke Perpusda yang tak seberapa jauh dari sekolahku. Eh, tapi ternyata pesta sejuta buku itu hanya diisi pameran tunggal dari penerbit Erlangga.

Dan target pertama, mencari buku-buku anak buat putri cantikku, sekalian juga buat murid-murid di sekolahan. Karena mereka semua sangat senang dibacakan cerita. Tapi yang dicari buku yang murah meriahlah, yang sesuai budget. Akan tetapi bingung juga karena bukunya bagus-bagus semua. Sebagian sudah pernah membaca, hasil pinjaman dari perpusda. Jadi nyari-nyari yang bagus yang kiranya belum pernah dibaca. Selain pictorial book, buku-buku how to juga bagus-bagus. Terutama buku-buku ketrampilan dari aneka kertas dan clay. Pikir-pikir sekalian nambah ilmu untuk dipraktekkan bersama anak-anak. Jadinya tergoda juga untuk mengambil dua buku ketrampilan, satu seni melipat kertas bentuk zig-zag, dan satu lagi membuat aneka kerajinan berbahan clay. Selain itu sebuah buku kesehatan tentang detoksifikasi juga masuk kantong. Lumayan untuk belajar hidup lebh sehat. Kan kesehatan itu mahal harganya. Jadi menjaga tentunya akan lebih baik lagi.

Paling nggak tahan deh lihat buku-buku bagus, bisa-bisa kepikiran seharian kalau yang diincar masih belum terbeli. Sering-sering saja ada pameran buku seperti ini. Peace.

Baca Selengkapnya....!

Rabu, 23 November 2011

BUKU ANTOLOGI TERBARUKU "KEHAMILAN YANG MENAKJUBKAN"

Telah terbit buku antologi terbaruku. Hasil dari Lomba menulis bertema Kehamilan yang menakjubkan bersama teman-teman di facebook.


Judul Buku : KEHAMILAN YANG MENAKJUBKAN

Jumlah Hal : 216 lembar

penerbit : Leutika Prio

Harga : Rp. 44.600

Editor : Sari Azis

Penulis : Tri Wahyuni Rahmat, Atik Herwening, Astri Paramita, Rosita Dani, dkk

Sebuah buku yang mengupas pengalaman nyata para ibu saat menjalani kehamilan. Dilengkapi pula oleh penuturan beberapa orang suami ketika menghadapi isteri yang sedang hamil. Beragam kisah mengharukan dan membuat bibir tersungging membentuk senyum geli tersaji di sini. Ada yang mengisahkan dengan kesenduan, ada pula dengan lucu.

Kehamilan pengalaman paling menakjubkan bagi para wanita. Kondisi di mana kekuatan mental dan iman mereka diuji selama sembilan bulan. Berbagai hal mungkin terjadi saat itu. Hal-hal yang terkadang memilukan namun kebanyakan membahagiakan. Pengalaman hidup paling berkesan bagi orang tua setelah mereka menikah.

Anak adalah pelengkap dari sebuah ikatan antar suami isteri. Perekat kuat sepasang ayah bunda dalam sebuah rumah tangga. Semua dirangkum dengan apik oleh Sari Azis dan Tri Wahyuni Rahmat dari lomba menulis Kehamilan yang Menakjubkan di facebook.

Berminat memiliki buku ini? silahkan pesan langsung ke Leutika Prio atau hubungi aku di 085867486151.

Baca Selengkapnya....!

DAFTAR FINALIS LOMBA KEBERHASILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2011

Selamat kepada Bunda Ria Winanti, dan Bu Wahyuningsih Rahayu. Dua sahabat saya yang lolos menjadi finalis Lomba Keberhasilan Guru tingkat Nasional Tahun 2011. Selamat juga untuk para finalis lainnya.


Berikut daftar nama-nama finalis dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

NO NAMA ALAMAT SEKOLAH PROVINSI JENJANG

JENJANG TK

1. Nova Wahyuni. S.Pd
TK Aisyiyah Tanjung Barulak Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar
Sumatera Barat
TK

2. Titin Wahyuningsih, S.Ag. M.Si
TK Alternatif Al Ghazali, Jl. Chalanthea Jagil, Gambiran, Prigen, Pasuruan Jawa Timur
TK

3. Anis Masriyah,S.Pd
Tk Negri Pembina, Jl.Maninjau No.7 Griya Pakunden Blok D, Kel. Tanjungsari, Kec. Sukorejo, Kab. Blitar Jawa Timur
TK

4. Ria Winanti. M.Pd
TK Islam Kanita Tiara, Jl. Melati III Blok H RT. 03/X PERM. TIARA Ardi Purbayan, Baki Sukoharjo Jawa Tengah
TK

5. Suminarsih. S.Pd
TK Putra III, Jl. Siliwangi Km.3 BBWS Sungai Citanduy Karang Panimbal, Purwaharja, Banjar Jawa Barat
TK

6. Syamsidah, S.Pd. AUD
TK Arum Puspita, Jl. Ciren Rt 02 Triharjo, Kec. Pandak, Kab. Bantul D.I Yogyakarta
TK

7. Sumarsilah. S.Pd
TK ABA Minomartani, Jl. Layur VIII Minomartani, Ngaglik, Sleman D.I Yogyakarta
TK

JENJANG SD

8. Rosmalinda, M.Pd
SD Negeri 19 Muaro, Jl. Kemuning, Muaro, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung Sumatera Barat
SD

9. Jumawal. S.Pd
SDN 2 Montong Betok, Jl. Jurusan Joben (Otak Kokoq) Kel. Pesanggrahan Kec. Montong Gading, Kab. Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
SD

10. Muthi’ Masfu’ah, A.Md
SD Islam Terpadu Asy-Syaamil, Jl. Selat Karimata RT 23 Kel. Tanjung Laut, Kab. Bontang Selatan Kalimantan Timur
SD

11. Istiqomah. S.Pd
SDN Latsari, Jl. Raya Ngoro No. 2 Mojowarno Jombang Jawa Timur
SD

12. Kibtiyani, S.Pd., M.Pd
SDN Kepanjenlor 2, Jl. Semeru 28 Kel. Kepanjenlor Kec. Kepanjenkidul Blitar Jawa Timur
SD

13. Amir Hamzah
SDN Gunong Sekar 1 Sampang Jl. Wijaya Kusuma 1 Sampang Rongtengah, Sampang Jawa Timur
SD

14. Wahyuningsih Rahayu, S.Pd
SD Negeri Batursari 5, Jl. Pucang Anom Raya No. 1 Batursari, Kec. Mranggen, Kab. Demak Kode Pos 59567 Jawa Tengah
SD

15. Suswandi, S.Pd., M.Pd
SD Negeri Kutawaru 04, Jl. Nusa Tani No. 043 Perkuyan, Kutawaru, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap Jawa Tengah
SD

16. Didik Apriyadi. S.Pd
SDN Jatisari, Jl. Raya Sluke Kel. Jatisari, Kec. Sluke, Kab. Rembang Jawa Tengah
SD

17. Slamet, S.Pd
SD Negeri Kalisari 1, Jl. Genuk-Pamongan Km. 5 Kalisari, Kecamatan Sayung, Kab. Demak Jawa Tengah
SD

18. Damis Triyanto, M.Pd
SD Negeri Batusari 5, Jl. Pucang Anom Raya No. 1 Batusari, Kec. Mranggen, Kab. Demak Kode Pos 59567 Jawa Tengah
SD

19. I Wayan Putra, S.Pd.SD
SD Negeri Seraya Barat, Jl. Dusun Bungkulan, Seraya Barat, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem
Bali
SD

JENJANG SMP

20. Drs. Jupri
SMP N 1 Sei Suka Jl.Beringin Tanjung Gading, Kel. Perk Sipare-Pare, Sei Suka, Kab. Batu Bara Sumatra Utara
SMP

21. Mohd. Amin S.Pd. Kons
SMP N 1 Batusangkar Jl. Sultan Alam Bagagarsyah No.10 Kampung Baru, Kec. Lima Kaum, Kab. Tanah Datar Sumatera Barat
SMP

22. Suhardin, S.Pd
SMP 17 Kendari, Jl. Mekar Jaya 1 Kel. Kadia Kec. Kadia, Kota Kendari Sulawesi Tenggara
SMP

23. Ummi Salmah S.Pd
SMP N 17 Kendari Jl.Mekar Jaya 1 Kadia, Kota Kendari Sulawesi Tenggara
SMP

24. Asri Azis,S.Pd
SMPN 17 Kendari, Jl.Mekarjaya I, Kel. Kadia, Kab. Kendari Sulawesi Tenggara
SMP

25. Abdul Azis Faizal, M.Pd
SMPN 3 Sungguminasa, Jl.Mustafa Dg.Bunga, Kel. Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa Sulawesi Selatan
SMP

26. Kasmal. S.Pd
SMPN 14 Balikpapan, Jl. Kutilang Rt 24 RSS Damai III Kel. Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Baru, Kota Balikpapan Kalimantan Timur
SMP

27. Isa Efendi, S.Pd
SMP Negeri 2 Kepung, Jl. Kandangan, Ds. Keling, Kec. Kepung, Kab. Kediri Jawa Timur
SMP

28. Erman. S.Pd
SMPN 2 Pasuruan, Jl. Soekarno Hatta No. 84, Bangilan, Kec. Purworejo, Kab. Pasuruan Jawa Timur
SMP

29. Dra. Hj. Nuriyanti
SMP Negeri 16 Malang, Jl. Teluk Pacitan Arjosari-Malang, Kec. Blimbing, Kota Malang Jawa Timur
SMP

30. Misriyati, S.Pd
SMP N 4 Ponorogo, Jl. Jend Sudirman No. 92 Ponorogo 63412 Jawa Timur
SMP

31. Dra.Rena Roostiana M.Pd
SMPN Satu Atap Marjosari Malang Jl. Perum Villa Bukti Tidar Merjosari, Malang Jawa Timur
SMP

32. Aris Riyadi, S.Pd. M.Pd
SMPN 4 Widodaren, Desa Sidolaju, Kec. Widodaren, Kab. Ngawi Jawa Timur
SMP

33. Sucipto, M.Pd
SMPN 1 Asembagus, Jl.Raya Asembagus 287 Desa Asembagus, Kab. Situbondo 68373 Jawa Timur
SMP

34. Budiono,S.Pd
SMPN 1 Pejawaran, Jl.Raya Pejawaran 53454 Desa Pejawaran, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara Jawa Tengah
SMP

35. Drs. F.A. Suprapto Mukti Nugroho
SMP Negeri 6 Temanggung Jl. Dr. Sutomo 32 Temanggung Jawa Tengah
SMP
36. Marwono, S.Pd
SMPN 1 Pengadegan, Jl.Raya Pengadegan-Tegalpingen, Pengadegan, Kab. Purbalingga Jawa Tengah
SMP

37. Uripto, S.Pd. M.Pd
SMPN 2 Talang, Jl.Projosumarto 1 Wangandawa, Kec. Talang, Kab. Tegal Jawa Tengah
SMP

38. Jaka Sutikna S.Pd
SMP Negeri 4 Tempel, Merdikerjo, Tempel, Sleman D.I Yogyakarta
SMP

39. Tumijo, S.Pd.M.Hum
SMPN 2 Tanjungsari, Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul D.I Yogyakarta
SMP

JENJANG SMA/SMK

40. Dra. Zulfarisna, M.Si
SMA N 1 Padang Panjang Jl. KH Ahmad Dahlan No. 09 Guguk Melintang, Padang Panjang Timur, Tanah Datar Sumatera Barat
SMA/SMK

41. Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP
SMAN 2 Rambatan, Jl Tuanku Lareh Simawang, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar Sumatera Barat
SMA/SMK

42. Ansar, S.Pd
SMAN 1 Gantarang Kindang, Jl H.Allu No.121 A, Desa Bontosunggu, Kec. Gantaran, Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan
SMA/SMK

43. Nurhayati S.Pd
SMAN 15 Makasar, Jln Prof. Dr. Ir. Soeami, Kel. Bulurokeng, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar Sulawesi Selatan
SMA/SMK

44. Sirajat, S.Pd, M.Pd
SMAN 1 Campalagian, Jl Poros Majene, Desa Lapeo, Kec. Campalagian, Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat
SMA/SMK

45. I Made Narta Widianta, S.Pd
SMAN 1 Gunung Sari, Jl Pariwisata No.78 Desa Gunungsari, Kab. Lombok Barat Nusa Tenggara Barat
SMA/SMK

46. Drs. Kristian Pake Seko
SMAN 3 Mataram Jln. Pemuda no.63 Kel. Dasan Agung Selaparang Kec. Selaparang Kodya Mataram Nusa Tenggara Barat
SMA/SMK

47. Aspar,s.Pd
SMA Muhamadiyah Pohgading, Jl Jurusan Labuhan Lombok, Desa Pohgading, Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
SMA/SMK

48. Dra. Tipuk Ujianti Indriyaningsih, M.Pd
SMAN 10 Malang, Jln. Danau Grati no.1 Malang Kec. Lesanpuro Kedungkandang, Malang Jawa Timur
SMA/SMK

49. Drs.Tikto Widodo
SMAN 2 Lumajang Jl. HOS Cokroaminoto No. 159 Tompokersan Kec. Lumajang Kab. Lumajang Jawa Timur
SMA/SMK

50. Wasis Sucipto, S.Pd, M.Eng
SMKN 2 Bawang Banjarnegara, Jl. Raya Mantrianom 75 Kel. Bawang, Kab. Banjarnegara Jawa Tengah SMA/SMK
51. Ainur Rojik
SMKN 2 Wonosobo, Jl. Lingkar Selatan Km.5 Kel. Wonolelo Kec. Wonosobo Jawa Tengah
SMA/SMK

52. Arif Ediyanto, M.Pd
SMKN 1 Kendal, Jl. Soekarno-Hatta KM 03, Patebon Kendal Jawa Tengah
SMA/SMK

53. Ruddy Budiyanto Danuraharjo, S.Pd
SMA Sedes Sapientiae Semarang Jl. M.T Haryono No. 908 Semarang, Kel. Peterongan, Semarang Timur, Kota Semarang Jawa Tengah
SMA/SMK

54. Ruswanto, S.Pd
SMAN 1 Purbalingga, Jl MT Haryono Purbalingga Jawa Tengah
SMA/SMK

55. Rohadi, S.Pd, M.Pd
SMAN 1 Sukorejo, Jl Banaran No. 5 Desa Sukorejo, Kab. Kendal Jawa Tengah
SMA/SMK

56. Drs. Ely Prihmono Suwarso Putro, M.Pd
SMA Kristen 1 Surakarta Jl. Hanggowongso 135 Surakarta, Kratonan, Serengan, Kota Surakarta Jawa Tengah
SMA/SMK

57. Suwarno, S.Pd
SMAN 1 Pabelan, Kel. Semowo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang Jawa Tengah
SMA/SMK

58. Sri Wahyuni, M.Pd
SMAN 4 Semarang, Jl. Karangrejo Raya 12 A Banyumanik Semarang Kel. Srondol Wetan Kec. Banyumanik Semarang Jawa Tengah
SMA/SMK

59. Atin Herawati. S. Pd
SMK N 1 Ciamis, Jl. Jend Sudirman No. 269 Kel. Sindangrasa, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis Jawa Barat
SMA/SMK

60. Sofyan
SMAN 2 Kota Jambi, Jl Pangeran Antasari, Kel Talang Banjar, Jambi Timur, Kota Jambi Jambi
SMA/SMK

61. Drs. Sukijo, M.Eng
SMK N 2 Depok Sleman Jl. STM Pembagunan Kel. Caturtunggal Kec. Depok Kab. Sleman D.I Yogyakarta
SMA/SMK

62. I Pande Putu Alit Antara, M.Pd
SMA N 1 Banjarangkan, Desa Tusan, Kec. Banjarangkan, Kab. Klungkung Bali
SMA/SMK

JENJANG PLB

63. Sarjana. S.Pd
SLB-C YPAC Palembang, Jl. Mr. R. Sudarman Ganda Subrata No.2727, Sukamaju, Sako Palembang Sumatra Selatan
PLB

64. Dra. Yuly Hartaty
SLBN Metro, Jl. Gatot Kaca Sumber Sari, Metro Selatan, Lampung Lampung
PLB

65. Ernas Hudayanto ,S.Pd
SMALB Keraton ,Jl Menteri Empat No.25 ,Kel.Sungai Paring, Martapura, Kab. Banjar Kalimantan Selatan
PLB

66. Ummi Salamah. S.Pd
TKLB YP 2 Malang, Jl. H. Ali Nasrudin 02, Kedungkandang, Kota Malang Jawa Timur
PLB

67. Fathurozi. S.Pd
SLBN Cileunyi, Jl. Pandanwangi Cibiru Indah III, Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung Jawa Barat
PLB

68. Dimyati Hakim
SMPB/SMALB Tunarungu ‘Santi Rama”, Jl. R.S Fatmawati Kel. Cipete Selatan Kec. Cilandak. Jakarata Selatan DKI Jakarta
PLB

69. Sri Muji Rahayu. M.Pd
SLB Parmadi Putra, Jl. Gedongkuning Banguntapan, Bantul D.I Yogyakarta
PLB

70. Dra. Kadek Yudiasih
SLB C Negeri Denpasar, Jl. A. Yani Lumintang, Denpasar Bali
PLB

Baca Selengkapnya....!

Minggu, 20 November 2011

KARAKTERISTIK ANAK USIA DINI

Anak usia dini dalam beragam usia merupakan pribadi unik yang mampu menarik perhatian orang dewasa. Bahkan tingkah polah mereka mampu membuat para orang tua terhibur karenanya. Dalam kehidupan sehari-hari berbagai tingkat usia anak dapat kita amati. Ada yang baru lahir, ada yang batita (Toodler), ada balita, sampai dengan yang berusia sekolah dasar.

Lalu apa sih anak usia dini itu? Dan bagaimana pula karakteristiknya?
Anak usia dini menurut NAEYC (National Association for The Education of Young Children) adalah anak yang berada pada rentang usia 0 – 8 tahun, yang tercakup dalam program pendidikan di Taman Penitipan Anak, penitipan anak pada keluarga, pendidikan prasekolah baik itu swasta ataupun negeri, TK, dan SD.

Untuk karakteristik anak usia dini bisa dilihat d bawah ini :

1. Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
Anak usia dini sangat ingin tahu tentang dunia sekitarnya. Pada masa bayi rasa inign tahu ini ditunjukkan dengan meraih benda yang ada dalam jangkauannya kemudian memasukkannya ke mulutnya. Pada usia 3-4 tahun anak sering membongkar pasang segala sesuatu untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Anak juga mula gemar bertanya meski dalam bahasa yang masih sangat sederhana.

2. Merupakan pribadi yang unik.
Meskipun banyak kesamaan dalam pola umum perkembangan anak usia dini, setiap anak memiliki kekhasan tersendiri dalam hal bakat, minat, gaya belajar, dan sebagainya. Keunikan ini berasal dari faktor genetis dan juga lingkungan. Untuk itu pendidik perlu menerapkan pendekatan individual dalam menangani anak usia dini.

3. Suka berfantasi dan berimajinasi.
Fantasi adalah kemampuan membentuk tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan yang sudah ada. Imajinasi adalah kemampuan anak untuk menciptakan obyek atau kejadian tanpa didukung data yang nyata (Siti Aisyah, 2008).
Anak usia dini sangat suka membayangkan dan mengembangkan berbagai hal jauh melampaui kondisi nyata. Bahkan terkadang mereka dapat menciptakan adanya teman imajiner. Teman imajiner itu bisa berupa orang, benda, atau pun hewan.

4. Masa paling potensial untuk belajar.
Masa itu sering juga disebut sebagai “golden age” atau usia emas. Karena pada rentang usia itu anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat di berbagai aspek. Pendidik perlu memberikan berbagai stimulasi yang tepat agar masa peka ini tidak terlewatkan begitu saja. Tetapi mengisinya dengan hal-hal yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

5. Menunjukkan sikap egosentris.
Pada usia ini anak memandang segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri. Anak cenderung mengabaikan sudut pandang orang lain. Hal itu terlhat dari perilaku anak yang masih suka berebut mainan, menangis atau merengek sampai keinginannya terpenuhi.

6. Memiliki rentang daya konsentrasi yang pendek.
Anak usia dini memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Pehatian anak akan mudah teralih pada hal lain terutama yang menarik perhatiannya. Sebagai pendidik dalam menyampaikan pembelajaran hendaknya memperhatikan hal ini.

7. Sebagai bagian dari makhluk sosial.
Anak usia dini mulai suka bergaul dan bermain dengan teman sebayanya. Ia mulai belajar berbagi, mau menunggu giliran, dan mengalah terhadap temannya. Melalui interaksi sosial ini anak membentuk konsep dirinya. Ia mulai belajar bagaimana caranya agar ia bisa diterima lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini anak mulai belajr untuk berperilaku sesuai tuntutan dari lingkungan sosialnya karena ia mulai merasa membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Selain karakteristik yang unik tersebut perlu ada perhatian pada titik kritis perkembangan yang perlu diperhatikan pada anak usia dini. Titik kritis tersebut meliputi :
1. Membutuhkan rasa aman, istirahat dan makanan yang baik.
2. Datang ke dunia yang diprogram untuk meniru.
3. Membutuhkan latihan dan rutinitas.
4. Memiliki kebutuhan untuk banyak bertanya dan memperoleh jawaban.
5. Cara berpikir anak berbeda dengan orang dewasa.
6. Membutuhkan pengalaman langsung.
7. Trial and error menjadi hal pokok dalam belajar.
8. Bermain merupakan dunia masa kanak-kanak.

Sebagai pendidik usia dini dan juga sebagai orang tua kita perlu mengetahui karakteristik anak sehingga kita bisa mendukung perkembangan mereka secara optimal.

Sumber bacaan :
Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Siti Aisyah, dkk)
Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 19 November 2011

DISEMINASI PEMENANG LOMBA KARYA TULIS ILMIAH INOVATIF PEMBELAJARAN GURU JAWA TENGAH 2011

Hari ini berlangsung acara diseminasi para pemenang lomba Karya Tulis Ilmiah Inovatif Pembelajaran Guru Jawa Tengah tahun 2011. Acara berlangsung di LPMP Jawa Tengah yang terletak di Jalan Kiyai Mojo Srondol Semarang. Sebagai peserta lomba saya beserta teman-teman memperoleh kehormatan untuk menghadiri acara tersebut. Acara berlangsung pukul 09.00 WIB.

 Jadi semenjak pagi saya telah bersiap-siap berangkat ke Semarang. Dengan menumpang bis saya menuju ke terminal Semarang untuk bertemu dengan teman-teman. Sebelumnya kemarin telah janjian terlebih dahulu dengan Bu Nurchasanah untuk berangkat bersama-sama.

Sampai terminal jam baru menunjukkan pukul 06.45 WIB. Lebih cepat 45 menit dari waktu yang disepakati. Tapi lebih baik menunggu daripada terlambat. Dari rumah saya sengaja berangkat pagi-pagi untuk antisipasi waktu dalam perjalanan. Soalnya tahun lalu saya terlambat karena waktu perjalanan yang saya perkirakan dapat saya tempuh dalam waktu satu jam molor dari rencana. Bis berjalan seperti keong dan berulang kali berhenti karena harus meniakkan penumpang. Akibatnya samapai d sana Bu Nur telah lama menunggu.

Lha daripada ditunggu biarlah saya saja yang nunggu. Ngetem di pos polisi depan terminal Kaligawe Semarang sambil melihat Pak Polisi menjalankan tugas mengatur lalu lintas. Wah seru juga. Banyak yang kena tilang karena melanggar rambu-rambu. Kebanyakan mereka lupa menghidupkan lampu kendaraan. Maka kena sempritlah mereka. Salut deh untuk Pak Polisi yang bermata sangat jeli. Hingga tak satu pun kendaraan yang melanggar peraturan itu lolos.

Pukul 07.15 WIB secara kebetulan aku melihat kendaraan Bu Nurchasanah melintas depan Pos. dia memberi tanda untuk kumpul di depan RSI Sultan Agung. Sebelumnya sih saya sudah memberitahu BU Nur kalau saya stand by di depan pos. sampai di depan RSI kami masih harus menunggu seorang teman lagi. Yakni Bu Masfuah, teman satu sekolahan Bu Nur yang kemarin ikut juga sebagai peserta lomba.

Tak lama Bu Masfuah hadir, lalu kami melanjutkan perjalanan dengan taksi. Mau naik bis kota takutnya salah jurusan. Karena belum pernah ke LPMP naik bis kota. Bolak-balik ke LPMP selalu diantar suami. Jadi kurang pengalaman kalau harus naik bis.

Sampai di sana kami langsung menuju gedung B, tempat acara pembukaan dilaksanakan. Setelah registrasi tiba-tiba ada seorang Ibu guru menghampiri kami dan menyerahkan surat tugas dari Kabupaten yang belum kami ambil karena memang belum jadi. Beliau adalah Ibu Sri Widayati, peserta guru SD dari kec Wonosalam. Dan setelah bincang-bincang sedikit ternyata Ibu Sri Widayati ini tetanggaku sendiri. Rumahnya satu desa denganku walau pun tidak sekampung. Maklum nih kurang gaul jadi tidak mengerti.

Tepat jam sembilan pagi acara pembukaan dimulai. Acara dibuka oleh Kepala Sekdi PPTK Dikdas, Bapak Sutarmanto. Hadir pula dalam acara itu para pemenang yang akan menampilkan makalah lomba yang telah mereka menangkan. Para pemenang itu adalah Ibu Nur Sabiha dari TK Al Irsyad Al Islamiyah Kab Banyumas. Ibu Wahyuningsih Rahayu dari SDN 5 Batursari Mranggen Demak, dan Bapak Bunyamin dari SMP N Slawi. Di samping itu hadir pula para penyelaras yang akan menjadi nara sumber. Di antaranya Prof. Slameto dari UKSW Salatiga, Prof. Ahmad Slamet dari Unes, dan seorang moderator yang saya lupa mencatat namanya.

Dalam sambutannya bapak Kepala Seksi menyayangkan, dari 150 undangan yang tidak hadir hampir 15 %. Hal ini mungkin disebabkan undangan yang belum sampai ke kantor Dinas Kabupaten, atau bisa juga kurang tertariknya peserta untuk mengikuti acara ini. Dan menurut beliau insyaallah acara ini akan diadakan lagi tahun depan. Ayo meneliti, dan ayo menulis. :)

Dalam acara diseminasi ini selain paparan makalah karya-karya pemenang, kita juga memperoleh banyak ilmu tentang Penelitian Tindakan Kelas dari para penyelaras. Uraian dari Prof. Slameto dan juga Prof. Ahmad Slamet sedikit banyak membuka mata saya yang selama ini masih menatap abu-abu terhadap teori PTK ini. Mudah-mudahan ilmu yang sangat bermanfaat ini bisa segera diimplementasikan dalam pembuatan karya tulis berikutnya.

Acara berakhir pada pukul 1 siang. Kendati demikian sepertinya para peserta enggan beranjak. Karena walau acara sudah ditutup masih banyak juga yang mengajukan pertanyaan kepada penyelaras.

Dan satu lagi kejutan manis saya terima di acara ini. Bunda Ria Winanti, juara 2 yang juga teman sekamar saya waktu lomba bisa hadir. Mulanya saya mengira beliau tidak bisa hadir karena kesibukan yang luar biasa sebagai anggota BANPNF. Akan tetapi semangat mencari ilmu telah membawanya jauh-jauh dari Sukoharjo ke LPMP Jateng. Luar biasa semangat Bunda yang satu itu.

Demikian pula untuk para juara lain seperti Bu Nurchasanah yang dua kali berturut-turut menjadi juara 3., Bu Wahyuningsih Rahayu dari jenjang SD yang lima kali berturut-turut masuk final dan akhirnya menyabet juara 1. Bu Suminem yang akhirnya berhasil menjadi juara dua. Dan masih banyak lagi. Satu yang patut diteladani dari mereka. Sikap optimis dan yakin. Saya harus belajar banyak dari para beliau ini. Untuk Bunda Ria, terima kasih untuk motivasi-motivasi dan juga buat bingkisannya, Bunda. Semoga Allah selalu melindungi Bunda, dan juga keluarga.

Begitu acara telah selesai ternyata suami telah lama menunggu. Dia menjemput saya bersama si sulung. Kami janjian mau mampir ke Gramedia Pandaranan untuk mencari buku bagi anakku. Mudah-mudahan tidak hujan. Tadi sempat khawatir dengan mendung yang menggantung tebal di langit kota Semarang. Setelah berpamitan dengan teman-teman, kami pun meluncur ke Simpang Lima.

Sesampai di Gramedia ternyata ada bazar buku murah. Tapi pas saya lihat, ternyata bukunya tidak ada yang menarik buatku. Jadi hanya beli satu buku mewarnai terbitan Erlangga for Kid untuk oleh-oleh si kecil di rumah.

Setelah itu langsung hunting buku ke dalam. Ada beberapa buku yang akan saya beli. Di antaranya buku The Magic Way to Make Your Kids Brilliant Students karangan Ichsan Solihudin. Tapi sudah bolak-balik menjelajahi rak bagian buku Psikologi, buku yang kutaksir belum juga ketemu. Akhirnya nanya juga sama pramuniaga. Dan alamak, buku yang kuinginkan kosong. Jadinya hanya nyari buku pelajaran dan beberapa peralatan menggambar seperti cat poster, dan juga sempoa buat si sulung.

Keluar dari Gramedia hujan turun rintik-rintik. Kami kawatir kawasan Johar akan banjir. Dan ketika hujan tinggal gerimis kami pun cabut meninggalkan Gramedia. Sambil dihantui rasa was-was kehujanan.

Tapi untunglah. Kami sampai di rumah dengan selamat dan tidak kehujanan.
Baca Selengkapnya....!

Senin, 14 November 2011

DARI FINAL LOMBA KARYA TULIS ILMIAH INOVATIF PEMBELAJARAN GURU JAWA TENGAH 2011

Tanggal 11 sampai dengan 14 November 2011 berlangsung acara Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Inovatif Pembelajaran Guru Tingkat Jawa Tengah. Acara berlangsung di LPMP Jawa Tengah seperti biasanya. Hanya ada yang tidak biasa dari acara ini. Yakni waktu yang berlangsung pada akhir pekan.

Sebelum berangkat hati sudah was-was kalau-kalau akan turun hujan. Mengingat bawaan barang yang cukup banyak, dan aku menempuh perjalanan ke LPMP dengan motor. Mau naik bis juga repot dengan bawaan yang banyak. Mau naik travel, nggak ada travel di daerahku. Jadi ya berdoa banyak-banyak semoga tanggal 11 Nopember tidak hujan. Kalau terpaksa hujan, terpaksa pula harus naik bis yang dilanjutkan dengan taksi.

Dan alhamdulillah, doaku dikabulkan. Siang itu tanggal 11 Nopember 2011 langit cukup cerah. Maka dengan bersemangat kami meluncur membelah jalanan kota Semarang menuju LPMP Srondol. Memasuki wilayah kota, berkumandang suara lantunan ayat-ayat Al Qur’an dari pengeras suara masjid. Rupa-rupanya hampir memasuki waktu dhuhur. Maka suami pun berhenti untuk mencari masjid terdekat. Kebetulan hari itu adalah hari Jum’at. Jadi berhenti dulu untuk jum’atan.

Sembari menunggu suami mennunaikan ibadah shalat Jum’at, aku sms-an dengan teman-teman. Bu Eli Maslikah masih di jalan dan baru sampai di Salatiga. Bu Nur Chasanah masih di kampus menempuh ujjian akhir Semester. Bahkan Bunda Ria Winanti masih ada di Bogor dalam rangka mengikuti seleksi assesor BAN PNF. Dan beliau baru bisa kembali nanti malam.

Sampai di LPMP aku segera check in. angan-angan pingin sekamar dengan Bu Eli sembari mendengarkan cerita tetntang pengalaman beliau yang baru saja memenangkan kejuaraan Lomba menulis di Pusbuk. Tapi ternyata beliau udah sampai sejak tadi dan sudah check in. beliau sekamar dengan Bu Widji. Dengan satu pesan titipan, agar aku membookingkan kamar untuk Bunda Ria Winanti yang masih di Jakarta. Okeylah, tak masalah. Setelah check in dan membetulkan kesalahan nama yang sempat terjadi (namaku tertulis Sri Wahyuni), aku pun daftar kamar. Dapat tempat nginap di Wisma 3 lantai 3 kamar no 8. Siap-siap nih menguatkan otot kaki.

Setelah merapikan barang-barang di kamar, aku ingat kalau harus menemui seseorang yang sebelumnya telah janjian untuk bertemu di sini. Beliau adalah Ibu Yuli yang tadi pagi sempat menelponku untuk memesan Abaca Flash Card. Alhamdulillah. Kebetulan rumah Ibu Yuli ada di seputar LPMP juga. Jadi sekalian. Selain membawakan pesanan Ibu Yuli aku juga membawa beberapa paket Abaca Flash Card. Niatan mau ditawarkan teman-teman. Siapa tahu mereka semua tertarik untuk membeli daganganku.

Urusan dengan Bu Yuli selesai aku pun bersiap-siap hendak menghadiri acara pembukaan. Dari pembukaan aku bersiap-siap untuk melakukan presentasi nanti malam. Ada perubahan dalam jadwal presentasi lomba kali ini. Usai pembukaan biasanya kita bisa istirahat mempersiapkan kegiatan esok hari. Akan tetapi kali ini langsung diisi dengan presentasi. Dan seperti biasanya presentasi dilakukan dengan cara diundi.

Presntasi hari pertama berakhir pukul 10 malam. Sementara itu teman sekamarku Bunda Ria Winanti pun belum sampai di LPMP. Penerbangannya mengalami penundaan selama satu jam. Sambil menunggu Bunda Ria datang, aku mencoba tiduran. Tapi sebagaimaman biasanya di tempat yang baru, mataku enggan terpejam. Tak lama sesudah itu hp-ku berdering, ternyata Bunda Ria yang mengaarkan kalau dirinya telah sampai. Dan sekarang memintaku turun ke dekat masjid yang ada di depan wisma 3. Aku pun turun. Barangkali Bunda Ria butuh bantuan untk membawakan barang-barangnya.

Sampai d pelataran masjid, di sana sudah ada teman-teman yang lain. Ada Bu Wiji dan Bu Erni yang menemani Bunda Ria. Mereka asyik menyantap bakso. Dan aku pun dapat jatah bakso pula. Asyiknya makan bakso di tengah udara LPMP yang dingin. Usai menyantap baso aku pun membantu Bunda Ria membawakan barang-barangnya naik ke kamar kami di lantai 3. Setelah itu tak pelak lagi cerita pun mengalir di antara kami berdua. Bunda Ria banyak bercerita tentang pengalamannya selaku assessor BAN PNF. Banyak betul pengalaman yang bisa aku peroleh dari Bunda Ria.

Malam kian larut, namun kami berdua masih belum berhenti bercerita. Mungkin kami sudah sama-sama mengantuk, namun pertemuan ini terlalu sayang untuk dilewatkan dengan tidur. Jadilah larut malam kami baru berangkat tidur. Dan tidak disangka, malam pertamaku di LPMP aku bisa tidur dengan nyenyak.

Keesokan harinya bersiap-siap untuk sarapan lalu ke ruang presentasi. Banyak teman yang telah menunggu. Mungkin mereka tidak ingin terlambat hadir ketika namanya dipanggil. Bisa di diskualifikasi buk.

Alih-alih mepersiapkan presentasi, eh kami malah seperti menggelar reuni. Lha para peserta ini rata-rata sudah ikut beberapa kali, jadi sudah saling padha kenal. Ribut sekali mereka bercerita sambil menunggu presentasi.

Kali ini aku bisa presentasi di menit-menit awal. Alhamdulillah jadi aku tidak cape menunggu giliran. Mengenai hasil toh semua sudah dituliskan Yang Maha Kuasa. Sore hari saat menjelang akhir dari presentasi, kabar mengejutkan datang dari BU Widi, Ibu Mertuanya meninggal. Maka beliau pun segera berkemas pulang setelah terlebih dahulu meminta ijin ke panitia. Untuk hal ini Bunda Ria dengan sigap membantu. Termasuk mencarikan tumpangan Bu Wiji untuk turun ke daerah kota.

Malam hari tak ada kegiatan lagi, maka kami pun memilih beristirahat. Apalagi Bunda Ria terlihat kecapaian sekali. Kami tinggal menunggu hasil final dari panitia yang rencananya diumumkan besok pagi. Eh, malamnya Bunda Ria dapat ilham untuk segera pulang ke Sukoharjo keesokan harinya untuk menyusul Bu Wiji yang kebetulan tetangga dekat beliau. Bunda Ria sudah pasrah tidak mengharapkan menjadi juara, setelah kemarin merasa di “bantai” dengan berbagai pertanyaan oleh dewan yuri.

Dan inilah hasil pengumuman untuk kategori Taman Kanak-Kanak.

1. Nur Sabiha dari Purwokerto sebagai juara 1.
2. Ria Winanti dari Sukoharjo sebagai juara 2
3. Nurchasanah dari Demak sebagai juara 3.

Selamat untuk teman-teman yang menjadi juara. Selain itu masih ada juga temanku dari Demak yang berhasil menjadi juara. Yakni Bu Wahyuningsih Rahayu dari SD Batursari Mranggen Demak sebagai juara 1 tingkat SD.

Sampai jumpa lagi tanggal 19 untuk menghadiri acara diseminasi. Dan mudah-mudahan tahun depan bisa ikut lagi.
Baca Selengkapnya....!

Minggu, 13 November 2011

Bentang Belia 30 Hari 30 Buku! (LOMBA MENULIS NOVEL REMAJA RESMI)

Bentang Belia 30 Hari 30 Buku! (LOMBA MENULIS NOVEL REMAJA RESMI)

by Bentang Pustaka on Friday, November 11, 2011 at 1:34pm

Suka Nulis?

Mau jadi penulis Best Seller?

Mau hadiah jutaan rupiah?

BISA BANGET!


Ikutkan karyamu di ajang Bentang Belia 30 Hari 30 Buku! Caranya mudah banget!

Boleh ikutan asal…

-Berusia minimal 13 tahun.
-Satu karya boleh ditulis sendiri, berdua, atau maskimal bertiga dengan teman.
-Boleh mengirimkan lebih dari satu karya.
-Mengirimkan karya novel atau kumpulan cerpen:
-Tema bebas seputar remaja. NO konflik SARA dan pornografi.
Contoh: Korean style, galau, travelling, fashion, gaya hidup remaja, roman remaja, persahabatan, dll.

6. Jumlah halaman minimal 80 halaman, maksimal 200 halaman, spasi 2, margin 4-4-3-3, font Times New Roman 12. Kertas A4.

7. Kirimkan:
-Biodata lengkap (Nama,alamat,no HP,email)
-Sinopsis
-Profil singkat penulis
-Kelebihan naskah
-Naskah

Disusun dalam 1 file Ms. Word, dan kirim via email ke bentangbelia@yahoo.com dengan subyek email 30 Hari 30 Buku

Deadline

15 DESEMBER 2011

Hadiahnya Seru!

Juara I : 5.000.000 + paket buku seharga Rp 500.000,-
Juara II : 3.000.000 + paket buku seharga Rp 500.000,-
Juara III : 2.000.000 + paket buku seharga Rp 500.000,-
Paket buku seharga Rp 200.000,- untuk 10 karya favorit Juri

PENTING!

Semua karya peserta berkesempatan diterbitkan oleh Bentang Belia dengan proses seleksi dan penyuntingan lebih dulu.
Hadiah berlaku jika minimal karya peserta yang masuk redaksi 30 naskah dalam 30 hari!
Pengumuman pemenang 30 Desember 2011 di Facebook Bentang Pustaka, blog pustakabentang.multiply.com, dan Twitter @bentangpustaka

SERU kan? Yuk, tulis aja, kapan lagi? Ajak teman-teman semua! :D

Email: bentangbelia@yahoo.com

Twitter: @bentangpustaka

Facebook: Bentang Pustaka

Group FB : Pembaca Buku Bentang

Sumber : http://www.facebook.com/notes/bentang-pustaka/bentang-belia-30-hari-30-buku-lomba-menulis-novel-remaja-resmi/10150456726485269
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 09 November 2011

10 CARA CERDAS MENDIDIK ANAK

10 CARA CERDAS MENDIDIK ANAK

by INSPIRASI MENDIDIK ANAK on Wednesday, November 9, 2011 at 6:24am

Sebagai orang tua yang selalu sibuk dengan rutinitas kerja yang padat. Membuat waktu kita sangat terbatas untuk anak kita. Padahal inginnya kita bisa terus menerus dekat dengan si buah hati. tapi kira-kira bisa ngga ya waktu kita yang terbatas itu menjadi berkualitas ? dan … mungkin ngga ya kita bisa menjadi orantua yang efektif ?

Menurut psikolog selama kita bisa memanfaatkan waktu , orang tua yang sibuk pasti tetap bisa membesarkan anaknya dengan baik. Karena belum tentu juga anak yang orangtuanya mempunyai seratus persen waktu di rumah, bisa memiliki kualitas fisik, jiwa dan psikologis yang lebih baik dibandingkan anak yang orangtuanya banyak waktunya habis di tempat kerja. Karena tumbuh kembang anak tidak bergantung pada lama waktu alias kuantitas orang tua bersama anaknya. Tetapi lebih kepada kualitasnya.

Ibu yang setiap hari di rumah, tapi tidak terlalu care pada tumbuh kembang anaknya, misalnya ibu asyik menonton televisi sendiri, sementara anaknya dibiarkan bermain sendiri tanpa bimbingan darinya. Tidak akan sebanding dengan ibu yang bekerja namun memanfaatkan waktunya yang terbatas secara maksimal untuk mengikuti dan membimbing tumbuh kembang anaknya.

Siapapun pasti ingin bisa menjadi orang tua yang baik. Dan untuk menjadi orang tua memang butuh belajar. Namun sayangnya, sekolah untuk menjadi orang tua belum ada. Bagaimana sebaiknya memanfaatkan waktu menjadi orang tua dengan efektif ? berikut tipsnya.

1. Dekati anak, pahami karakternya
Orangtua yang baik berusaha memahami karakter anaknya. Ada anak yang sejak awal menunjukan karakter pemalu, periang. Introvert, extrovert atau penuh percaya diri. Sebaiknya perlakukan mereka sesuai dengan karakternya, dan jangan memaksakan anak untuk menjalani karakter lain. Atau memaksanya melakukan sesuatu yang dia belum merasa siap. Misalnya memaksa anak yang pemalu untuk maju ke panggung, sementara dia belum siap. Orang tua dan guru hanya bisa menyiapkan mentalnya, namun yang bertarung mempersiapkan mental itu adalah anak itu sendiri. Daripada ‘berkelahi’ dengan anak di belakang panggung. Lebih baik beri dia waktu untuk mengelola perasaan. Di kesempatan lain, dia mungkin jadi lebih berani. Jika dipaksa, anak bisa terbebani dan stress.

Waktu serta tenaga yang anda berikan pun terbuang percuma. Untuk memahami anak, anda tentu harus dekat dengan mereka. Dan menjadikan diri anda sebagai orang dekat hingga jadi tempat curhat juga perlu trik. Jika anak sedang bermasalah, berikan rasa empati dan perhatian. Tunjukan bahwa anda peduli dan ingin dia kembali ceria. Jika karakter anak anda tertutup jangan paksa dia untuk segera to the point menceritakan masalahnya.

Anak malah semakin bungkam. Dekati sedikit demi sedikit, ajak dia ngobrol dari hati ke hati, dari situ anda bisa masuk ke pokok masalnya. Meski sibuk, jadilah pendengar yang aktif. Jangan pura-pura mendengarkan padahal tidak dan masih bekerja. Alihkan konsentrasi ke dia atau minta untuk menunda pembicaraan sesaat lagi.

2. POSITIVE PARENTING
Terapkan positive parenting yaitu menghargai setiap perilaku baik anak sebanyak-banyaknya dan usahakan untk menghukumnya sesedikit mungkin. Jika anak melakukan kesalahan, jangan langsung dimarahi. Tapi gali alasan dia melakukannya, serta ajak dia berpikir apakah itu baik atau tidak. Bersikaplah tenang, karena pada dasarnya setiap perilaku anak adalah proses menemukan jatidiri atau identitas dirinya. Dengan cara ini, anak mengerti dan anda bebas stress. Anak usia satu sampai dua tahun adalah usia yang segala perilakunya msaih bersifat eksplorasi. Maka berikanlah kesempatan itu, karena ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

3. LIBATKAN DAN AJAK DISKUSI
Ingin anak yang pemberani dan punya sifat memimpin ? libatkan dalam diskusi keluarga, dengarkan dan hargai pendapatnya. Lakukan itu sejak dia kecil, agar ingatan itu tertancap di memorinya. Diskusikan banyak hal dengannya mulai dari memilih makanan, baju, berwisata ke mana, sampai sekolahnya sendiri. Hal ini penting untuk membentuk rasa percaya dirinya. Dengan kebiasaan ini, anak juga akan terbiasa dengan penyelesaian masalah secara demokratis. Mulailah melibatkan mereka ke dalam tugas-tugas rumah tangga sehari-hari, tentunya dengan menyesuaikan dengan usianya mereka. Anak biasanya akan merasa senang, jika ia merasa dibutuhkan oleh orang lain dan berguna bagi orang lain.

4. MANFAATKAN SETIAP KESEMPATAN
Jika anda adalah orangtua bekerja, maka pintar-pintarlah mempergunakan kesempatan terbatas untuk berkomunikasi dengan anak anda seefektif mungkin. Sambil bercanda, usahakan mendapatkan pembicaaan yang ‘berisi’. Misalnya, ajaklah anak mengobrol dengan santai tentang berbagai hal ketika anda mengantar dia ke sekolah. Gunakan juga kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai positif ketika anda menemani dia menonton televise. Mengajak diskusi selalu bisa diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang unik danmungkin bikin dia geli. Missal.” Nak, kenapa ya manusia itu kadang-kadang sakit? Apa kuman itu juga bisa sakit ya ?”

5. SEDIAKAN WAKTU KHUSUS
Meluangkan waktu khusus untuk berdua dengan anak merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan ikatan batin antara anda dan anak. Manfaatkan kesempatan berdua untuk memahami dan mendekatkan diri dengan anak. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut mulai dari saat membangunkan atau mengantarkannya tidur, bermain bersama, menonton televisi bersama, pergi bersama ke tempat-tempat menarik, dan banyak lagi. Usahakan setiap hari ada waktu khusus untuk setiap anak. Akan lebih baik jika waktu libur dimanfaatkan untuk bersama keluarga.

6. TEGAKKAN DISIPLIN
Jika anak sedari kecil dibiasakan untuk disiplin, maka dia akan menjadi pribadi yang teratur setelah dewasa. Terapkan mulai dari hal-hal yang kecil. gosok gigi, cuci kaki, merapikan tempat tidur setelah bangun pagi, sangat baik untuk membiasakan hidup mereka lebih teratur setelah dewasa. Terapkan disiplin secara konsisten. Jika anak melalaikannya, tidak ada salahnya anda memberikan sanski. Tak perlu sambil marah-marah, malah bagus jika anda dan anak melakukannya sambil tertawa. Berikan sanksi yang bersifat mendidik, misalnya menyuruhnya untuk mengerjakan tugas rumah dan perlu diingat. Jangan berikan sanksi di beberapa kelalaian pertamanya. Berikan jika anak berulang-ulang melakukan kesalahan yang sama.

7. BERILAH CONTOH YANG BAIK
Anak adalah peniru ulung, maka berhati-hatilah dalam bertingkah laku dan menjalankan kebiasaan.
Anak usia emas (0-5 Tahun) memiliki daya ingat yang sangat kuat, jadi apapun yang anda lakukan bisa menjadi modalnya dalam berprilaku di saat dewasa. Dia belajar berprilaku melalui pengamatannya pada perilaku orang tuanya.
Maka berperilakulah yang baik dan hindarkan kata-kata kotor, karena apa yang kita ucapkan dan kita lakukan merupakan modal bagi anak kita dalam berperilaku dan berucap.

8. UNGKAPKAN KASIH SAYANG
Setiap orang tua pasti menyayangi anaknya, begitu pula sebaliknya. Namun tak jarang orang tua menganggap hal itu tidak penting. Padahal, mendapatkan kasih sayang adalah hak setiap anak. Termasuk dalam bentuk verbal. Seperti ‘ mama sayang kamu’. Ini berpengaruh sangat besar kepada anak.Karena merasa diperhatikan dan disayang. Sehingga anak memiliki kedekatan emosi yang dalam terhadap orangtuanya anak juga memiliki perasaan yang halus, lembut dan penuh kasih sayang terhadap sesama.Ungkapan kasih sayang dengan ucapan sayang. Belaian pelukan dan ciuman dalam setiap kesempatan.

9. KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Komunikasikan dengan jelas dan lembut. Ketika anda memberikan perintah kepada anak.
Berikan perintah yang spesifik dengan kalimat yang jelas untuk menghindari kebingungannya.
Stop memberikan ceramah, memarahi atau mengomeli anak dengan panjang lebar apalagi dengan teriak-teriak.
Sebaliknya seringlah mengajak mereka berdiskusi. Jangan sekali-kali berbicara dengan keras dan kasar terhadap anak. Kalau anda tak ingin mereka meniru.

10. SAAT MARAH, ANAK JANGAN DIJADIKAN PELAMPIASAN
Perilaku anak kadang membuat orangtua kesal dan jengkel. Apalagi kalau pekerjaan dan kekalutan di kantor di bawa kerumah. Jika anda mengalami hal ini, jangan sekali-kali menjadikan anak sebagai pelampiasan kekesalan.
Karena marah, anak menjadi objek omelan, luapan emosi atau bahakan sampai membuat kita tak menghiraukan dan memperhatikannya. Saat marah, control diri memang cenderung lebih rendah tapi jangan sekali-kali melampiaskannya kepada anak. Di depan mereka, tetaplah bersikap seperti biasa. Sempatkan waktu luang sejenak untuk berpikir dan introspeksi diri. Ambil napas panjang dan coba berpikir untuk mencari solusi terbaik bagi masalah anda.

Satu hal yang penting : orang tua yang efektif juga butuh waktu untuk dirinya sendiri.


Sumber : http://www.facebook.com/notes/inspirasi-mendidik-anak/10-cara-cerdas-mendidik-anak/298667896818095
Baca Selengkapnya....!

Selasa, 08 November 2011

Workshop First Novel Surabaya

Workshop First Novel Surabaya

By Nurcahyawati Windri Astuti and Wulan Soewarno in Komunitas Penulis-Bacaan-Anak.

Tiga Serangkai bekerjasama dengan Forum Penulis Bacaan Anak akan menyelenggarakan workshop konsep First Novel. Peserta workshop akan diseleksi dan dibatasi.

Persyaratan untuk mengikuti workshop ini adalah:

1. Peserta adalah PaBer yang sudah tergabung dalam MILIS Forum Penulis BacaanAnak. Yang belum bergabung bisa join terlebih dahulu
dihttp://groups.yahoo.com/group/penulis-bacaan-anak/
2. Peserta mengirimkan konsep naskah detil.
3. Konsep naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran, atau mengambil ide dari karya lain yang sudah ada.
4. Konsep naskah belum pernah diterbitkan di media massa, (cetak maupun elektronik), dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba.
5. Keputusan juri mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Teknis:
1. Setiap peserta maksimal boleh mengirimkan 2 (dua) konsep naskah.
2. Konsep naskah diketik di kertas berukuran A4 dengan jarak 2 (dua) spasi. Dikirim dalam bentuk lampiran e-mail (attachment) dan tidak ditulis dalam badan (body) e-mail.
3. Konsep naskah terdiri dari sinopsis keseluruhan dan sinopsis per-bab.
3. Lampirkan di setiap naskah: biografi singkat penulis, foto, dan alamat lengkap.
4. Konsep naskah dikirim via e-mail ke: wastuti@tigaserangkai.com, dengan judul e-mail: WS: First Novel.
5. Konsep naskah peserta diterima panitia paling lambat pada tanggal 10 November 2011, pukul 24.00.
6. Panitia berhak untuk mendiskualifikasi karya peserta apabila dianggap tidak memenuhi syarat.

Ketentuan Konsep:
1. Fiksi anak yang bergaya Indonesia.
2. Untuk anak usia 6-7 tahun.
3. Kental nuansa lokal dan keindonesiaannya.
4. Ada tokoh utama yang menjadi ikon atau pusat cerita.
5. Bergenre sangat laki-laki atau bergenre sangat perempuan.
6. Maksimal halaman buku 64 (word sekitar 30 atau 40 halaman, spasi 1,5).
7. Tema bebas (fantasi, petualangan, kisah sehari-hari, dll), asalkan sesuai untuk anak-anak dan sangat Indonesia.

Lain-Lain:
1. Pengumuman peserta workshop akan dimuat di blog Forum Penulis Bacaan Anak, tanggal 15 November 2011.
2. Peserta workshop akan mendapat surat pemberitahuan langsung dari Blog Forum Penulis Bacaan Anak via e-mail.
3. Finalis wajib mengikuti workshop sehari bersama Bambang Trim (General Manager for GB Tiga Serangkai) yang berlokasi di Surabaya pada tanggal 19 November 2011. Waktu dan tempat diberitahukan kemudian.
4. Bagi peserta yang sudah pernah mengikuti workshop First Novel di Bandung dan Yogyakarta, dapat mengikuti kembali seleksi untuk workshop First Novel di Surabaya.
4. Waspadalah dengan penipuan yang berkedok ingin membantu/mengurusi pemenang. Jangan pernah melayani permintaan transfer uang sedikit pun. Kalau ada hal yang mencurigakan, segera menghubungi email moderator.pba@gmail.com

Workshop First Novel ini diselenggarakan atas kerjasama F-PBA dengan Penerbit Tiga Serangkai.

Sumber: Komunitas Penulis Bacaan Anak
Baca Selengkapnya....!

Senin, 07 November 2011

Beasiswa Pemerintah Jepang untuk Guru

Baru saja menerima share link dari teman saya yang studi di Jepang. Katanya ada beasiswa untuk guru. dengan bersemangat ikut membuka link, ingin menjajal keberuntungan. Akan tetapi ketika dibuka, alamak, usiaku sudah kadaluarsa. Padahal ingin juga punya pengalaman lain. Seperti sahabat saya Kiswatiningsih yang pernah merasakan studi di Jepang selama satu tahun. Kemudian sekarang ini beliau juga masih ada di Jepang buat short trining terkait pekerjaannya. Rasanya pingin lihat beliaunya upload foto-foto di Facebook. Deuh...

 Akan tetapi bagi yang berminat, silahkan dibaca, ya. Semoga beruntung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Jepang menawarkan beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho) bagi para guru Indonesia. Program ini terbuka untuk guru yang ingin memperdalam bidangnya sebagai mahasiswa program penataran guru nongelar selama 1,5 tahun mulai Oktober 2012.

Peserta yang bisa mendaftar haruslah berusia di bawah 35 tahun pada 1 April 2012, lulus S-1 atau D-4 dan guru SD-SMA di sekolah negeri dan swasta. Guru yang berhak mendaftar harus mengajar lebih dari lima tahun di lembaga pendidikan formal.

Dokumen pendaftaran paling lambat diterima pada 27 Januari 2012 yang dapat diunduh dari laman http://www.id.emb-japan.go.jp.

Keterangan lebih lanjut soal program ini dapat diperoleh di Kedubes Jepang bagian pendidikan di nomor 021-31924308 ext 175-176 dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Denpasar, Medan, dan Konsuler Jepang di Makassar.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/07/18011922/Beasiswa.Pemerintah.Jepang.untuk.Guru
Baca Selengkapnya....!

Lomba Menulis Cerpen Untuk Anak-Anak

Bagi yang punya anak, adik, saudara, tetangga yang pinter ngarang, monggo diikuti. :)

Adik-adik, masih ingat lagu Pelangi, Bintang Kejora, dan Libur Telah Tiba? Nah, semua lagu itu karya pencipta lagu anak-anak yang sangat termasyhur, yaitu Pak A.T. Mahmud.

Mizan Productions dan Falcon Pictures akan memproduksi film musikal untuk keluarga, yang lagu-lagunya diambil dari 10 lagu karya Pak A.T. Mahmud. Judul filmnya Ambilkan Bulan, yang diambil dari salah satu karya Pak A.T. Mahmud. Film ini akan ditayangkan di liburan akhir tahun, mulai 29 Desember 2011.

Untuk menyambut film ini, kami bekerja sama dengan Kecil-Kecil Punya Karya menyelenggarakan lomba penulisan cerpen yang bisa adik-adik ikuti.

Ketentuan :
1. Kelompok lomba terdiri dari Kelompok SD dan Kelompok SMP
2. Berlaku untuk adik-adik berusia 6-12 tahun (Kelompok SD) dan 13-15 tahun (Kelompok SMP)
3. Inspirasi cerpen berdasarkan lirik lagu Ambilkan Bulan karya A.T. Mahmud
4. Kirimkan karya/cerpen tersebut ke e-mail promosi@mizan.com dengan dilengkapi data pribadi dan alamat lengkap, selambat-lambatnya pada 20 November 2011
5. Panjang cerpen minimal 4-6 halaman, A4, Times New Roman , 12 points
6. Setiap peserta boleh mengirim lebih dari satu cerpen, dengan inspirasi dari lagu yang berbeda
7. Cerpen-cerpen yang menang akan dijadikan e-book atau buku elektronik yang akan disebarluaskan kepada - pembaca Indonesia secara gratis
8. Hadiah untuk 6 karya terpilih dari masing-masing kelompok SD (3 Pemenang) dan SMP (3 Pemenang). Masing-masing akan mendapat hadiah senilai Rp1.500.000,- plus paket buku senilai @Rp.500,000,-.

Ayo adik-adik, ikuti kesempatan langka ini. Dengan mengikuti lomba ini, adik-adik juga telah ikut serta memperkenalkan kembali lagu anak-anak, yang sudah terkenal sejak ayah dan bunda kita masih muda.

Lirik Lagu AMBILKAN BULAN Karya A.T. Mahmud

Ambilkan bulan, Bu
Ambilkan bulan, Bu
Yang selalu bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cahyanya sampai ke bintang
Ambilkan bulan, Bu
Untuk menerangi tidurku yang lelap
Di malam gelap

Sumber : http://dar.mizan.com/index.php?fuseaction=event_det&id=150
Baca Selengkapnya....!

Sabtu, 05 November 2011

Kirim karya ke majalah yuk !

Kirim karya ke majalah yuk !

By Indari Mastuti and Lygia Pecanduhujan in Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif · Edit Doc

Disusun oleh : Lygia Pecanduhujan

WARNING (Mohon dibaca sebelum melanjutkan membaca hingga akhir tulisan) :

Disarankan untuk MEMBELI Majalah/Tabloid/Koran yang ingin kita kirimi tulisan kita baik itu artikel nonfiksi, kisah nyata, cerpen, cerbung, resep masakan, etc. Beli dan PELAJARI baik-baik karakter dan ciri khas tulisan-tulisan yang ada dalam Majalah/Tabloid/Koran tersebut. Karena ada pribahasa "Tak kenal maka tak sayang", heheheh. Selamat Membaca dan Selamat Uji NYali !!!

Temans, berikut ini adalah sedikit daftar majalah, koran dan tabloid yang menerima tulisan dari luar redaksi. Data ini saya kumpulkan dari berbagai sumber. Mohon maaf jika sekiranya ada alamat-alamat yang sudah tidak valid dikarenakan majalah/koran/tabloid tersebut sudah ganti nomer telepon, ganti alamat email, ganti situs atau bahkan gulung tikar. Hehehehehehe...

kalau ada yang mau koreksi, silahkan tulis di komen. kalau mau nambahi juga monggo dikomen ya.... karena memang ada beberapa majalah/tabloid yang baru yang belum saya masukkan ke sini. Antara lain adalah Tabloid Femme, Majalah Irfan (anak), dan lain sebagainya.

Satu lagi, yang saya cantumkan di sini khususnya/kebanyakan adalah untuk pengiriman cerpen. karena dulunya dokumen ini saya bagikan untuk adik-adik di Forum Lingkar Pena Majalengka. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan brosing, dan jika data valid boleh tambahkan di kolom komen supaya bisa saya masukkan ke dokumen. Untuk jenis-jenis tulisan lain, nanti bisa dirinci lebih lanjut. Doakan saya sehat selalu, baik itu sehat fisik, sehat dompet maupun sehat koneksi internetnya. okay ? hihihihihi....

Here it is, check it out :

MAJALAH KARTINI
Redaksi menerima kiriman naskah yang sesuai dengan misi Majalah Kartini. Kirim naskah ke alamat email : redaksi_kartini@yahoo.com disertai identitas penulis serta nomor rekening. Bagi yang karyanya dimuat akan mendapat honorarium.

MAJALAH POTRET
menerima artikel/tulisan karya anda. Bentuk artikel : Opini, Feature, Cerpen, Puisi, Cerita pengalaman pribadi dan lain-lain. Silahkan kirim artikel/tulisan karya anda ke alamat redaksi : Jalan T. Panglima Nyak Makam Desa Pango Raya Banda Aceh 23001, Indonesia. Telp. 0651-7428446, atau Email : potret.ccde@gmail.com. Tulisan yang dikirim ke POTRET belum/tidak sedang dikirim ke media lain. setiap tulisan yang dimuat akan mendapatkan honor yang layak.

Ayahbunda (Femina Group)
Alamat Redaksi:
Jl. H.R. RasunaSaid Blok Bkav.32-33
Jakarta 12910
Telp. (021) 5209370 begin_of_the_skype_highlighting (021) 5209370 end_of_the_skype_highlighting,5253816, 5266666
Fax.(021) 5209366, 562131
Email: info@ayahbunda-online.com

Dewi (Femina Group)
Alamat Redaksi:
JL HR RasunaSaid Blok B Kav. 32-33
Jakarta 12910
Fax.(021) 5209366, 526 2131
Email : redaksi@feminagroup.com

Majalah Aneka Yess
-Cerpen maksimal 7 hlm folio spasi ganda-Sertakan pernyataan cerpen orisinil dan belum pernah dipublikasikan-Kirim ke alamat: Jl Salemba Tengah No 58 Jakarta Pusat 10440 atau email: aneka@indosat.net.id

Majalah Kawanku
-Cerpen dengan jumlah karakter 9100 termasuk spasi-Ketik spasi double-Kirim ke alamat email: kawanku-mag@gramedia-majalah.com, cerpenkawanku@gmail.com-Cantumkan identitas lengkap, alamat, dan nomor rekening

Majalah Gadis
-Tulisan untuk rubrik Obrolan, Kuis, Cinta dengan panjang 3-4 halaman folio spasi ganda
-Tulisan untuk rubrik Percikan (cerpen mini) dengan panjang 2 halaman folio spasi ganda-Tulisan untuk rubrik cerpen dengan panjang 6-7 halaman folio spasi ganda-
Kirim ke alamat Redaksi Majalah Gadis: Jl HR Rasuna Said Blok B Kav 32-33 Jakarta 12910, email: info@gadis-online.com-Tulis identitas lengkap dan nomor rekening-Cantumkan nama rubrik di kiri atas amplop

Majalah Hai
-Cerpen maksimal 7 hlm folio spasi ganda-Kirim ke alamat:
Gedung Gramedia Majalah Unit I Lt.1,
Jl Panjang No 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530-Alamat
email: hai_magazine@gramedia-majalah.com

Majalah Teen
-Kirim cerpen maksimal 6 halaman-Kirim ke alamat Jalan Prof Dr Satrio Kav. 3-4 Karet Kuningan, Jakarta 12940-Atau alamat email ke: tabloid.teen@gmail.com.

Majalah Chic
e-mail : Chic@gramedia-majalah.com
chicstory@gramedia-majalah.com

. Majalah Girls (pre teens, anak 12-15 tahunan)
Girls@gramedia-majalah.com

Majalah Go Girl
Jln. Kebayoran Lama Raya No 236
Jakarta Barat

Tabloid Nova
NOVA@GRAMEDIA-MAJALAH.COM

Majalah Kartika (Majalah Wanita Dewasa)
Jln. Garuda 82-C
Kemayoran Jakarta 10620
e-mail : majalahkartika@yahoo.com

Kirim coret-coretanmu ke Story!
Ketik naskahmu spasi rangkap, dengan ketentuan:
Cerpen
Panjang naskah 13.000 – 14.000 characters with spaces, atau sekitar 8-10 halaman.
Cerbung
Panjang naskah 26.000 - 40.000 characters with spaces, atau sekitar 20-30 halaman
Novelette
Panjang naskah 30.000 – 35.000 characters with spaces, atau sekitar 23-25 halaman
Kissing
Panjang naskah 4.000 characters with spaces, atau sekitar 3 halaman
Cerpen berbahasa Inggris
Panjang naskah 6.000 characters with spaces, atau sekitar 4 halaman.
Kirim ke: story_magazine@yahoo.com (tuliskan subyeknya; cerpen/cerbung/kissing, dll)
atau via pos ke: Redaksi Story, Jl. Raya Kedoya Duri No.36, Kebun Jeruk, Jakarta 11520.

JANGAN LUPA....

TULIS NAMA ALAMAT/TLP di HALAMAN TERAKHIR NASKAHMU (jangan dipisahkan karena khawatir tercecer)


Alia
Karindra Plaza Blok B – 1 No.6, Jl. Karang TengaH Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan Telepon : ( 021 ) 750 5886
Faks : ( 021 ) 750 6004
Email : majalah_alia@yahoo.com
* Majalah dewasa/ keluarga Islami
* Menerima Kiriman cerpen

Bobo Gedung Gramedia Majalah Lt.4, Jl.Panjang No.8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530
Telepon : ( 021 ) 533 0150/533 0170

* Majalah anak anak ( usia SD )
* Menerima kiriman majalah cerpen dan dongeng

FEMINA
Jl. H.R Rasuna Said Blok B Kav. 32 – 33, Jakarta Selatan 12910
Telepon : ( 021 ) 525 3816
Email : redaksi@feminagroup.com
Web : www.femina-online.com
* Majalah wanita dewasa
* Menerima cerpen, 6 – 8 halaman kuarto, ketik 2 spasi

GIRLIEZONE Jl. Apel II No.30, Jajar Laweya, Surakarta
Telepon/Faks : ( 021 ) 710 812
Web : www.majalah-girliezone.com
* Untuk mengirimkan naskah cerpen dapat langsung di-upload aja di www.majalah-girliezone.com

- Majalah Sekar (majalah wanita dewasa) : sekar@gramedia-majalah.com;

TABLOID/KORAN

1. GAUL
Jl.Kedoya Duri Raya No.36, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11520
Telepon : ( 021 )5835 9109
Email : tabloidgaul@yahoo.com
* Menerima kiriman cerpen teenlit. Maksimal 8 halaman folio dan 1,5 spasi

2. KEREN BEKEN Jl. Salemba Tengah No.58, Jakarta Pusat 10440
Telepon : ( 021 ) 230 6188
Email : aneka@indosat.net.id
Web : www.anekayess-online.com
* Menerima kiriman cerpen remaja. Panjang cerpen maksimal 7 halaman folio, 2 spasi

UMMI
Jl. Mede No. 42A Utan Kayu, Kakarta Timur 13120
Telepon : ( 021v) 819 3242
Email : kru_ummi@yahoo.com
* Majalah dewasa/ keluarga islami
* Menerima kiriman cerpen. 8 folio, 2 spasi
* Menerima tulisan nonfiksi ringan untuk rubric Dunia Wanita dan Nuansa Kehidupan.

SURAT KABAR

1. KOMPAS
Jl. Palmerah Selatan 26 – 28, Jakarta 10270
Telepon : ( 021 ) 530 2200/ 534 7720
Email : kompas@kompas.com
Web : www.kompas.com
opini@kompas.com
* Menerima kiriman cerpen dan artikel

2. MEDIA INDONESIA
Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A – D Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telepon : ( 021 ) 581 2088
Email : redaksi@mediaindonesia.com
Web : www.mediaindonesia.com
* Menerima kiriman cerpen dan artikel

3. REPUBLIKA Jl. Warung Buncit Raya No.37, Jakarta Selatan
Telepon : ( 021 ) 780 3747
Email : redaksionline@republika.co.id
Web : www.republika.co.id* Menerima kiriman cerpen dan artikel

4. SEPUTAR INDONESIA
Menara Kebon Sirih Lt.22, Jl. Kebon Sirih Raya No. 17 – 19, Jakata 10340
Telepon : ( 021 ) 392 6955
Email : redaksi@seputar-indonesia.com
* Menerima kiriman artikel dan cerpen

(DAN KORAN-KORAN LAINNYA)

SYARAT PENGIRIMAN ARTIKEL ke Majalah INTISARI

Bila Anda ingin mengirimkan tulisan ke redaksi Intisari, Anda dapat mengirimkan melalui e-mail (intisari@indomedia.com atau intisari@gramedia-majalah.com) melalui attachment.

Anda dapat mengirimkan artikel dengan pengolah kata yang ada asal bisa terbaca di MSWord (kami sarankan filenya berekstension *.txt atau *.rtf). Mohon dilengkapi juga dengan alamat Anda secara jelas.

Tulisan Anda juga dapat dikirimkan melalui pos, dengan menyertai perangko balasan untuk pengembalian naskah bila tidak dimuat. Foto-foto dapat disertakan pada saat pengiriman naskah, bila melalui pos, atau bila melalui e-mail foto-foto dapat menyusul via pos atau bila kami memerlukannya setelah tulisan Anda dinilai layak muat. Perlu kami infomasikan bahwa Intisari mengutamakan naskah dengan sifat-sifat sebagai berikut:

1. Tulisan asli, bukan terjemahan/saduran/jiplakan.
2. Tulisan bukan berupa karangan (cerpen)/opini/kata mutiara.
3. Belum pernah dimuat di media/penerbitan lain.
4. Mengingat Intisari merupakan majalah yang bersifat umum, maka artikel yang dimuat variatif, kecuali yang menyangkut masalah politik.
5. Tidak mengandung unsur SARA.
6. Topik mengandung salah satu unsur manfaat (menambah pengetahuan/ ketrampilan/ menggugah emosi/menghibur/memecahkan masalah/menyentuh kepekaan etis dan estetis) atau memiliki daya tarik (baru/aneh/terkenal/luar biasa/kontroversial).

Mengenai kesempatan, tergantung penilaian Redaksi. Kami juga menerima tulisan untuk versi online dengan syarat yang sama.
Kami tunggu kiriman Anda.
Redaksi Intisari

(Dikumpulkan dari berbagai sumber)
Baca Selengkapnya....!

BUKU BARUKU "For The Love of Mom"

Telah terbit buku Antologi terbaruku bersama Grup Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) For The Love of Mom.

Berisi 40 kisah inspiratif tentang cinta ibu untuk anaknya.Sangat menggugah.

Yuk dipesan mulai sekarang.

Harga Rp. 45.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

Sms Sri Wahyuti di 085867486151

Terima kasih.

Baca Selengkapnya....!

GREBEG BESAR

Setiap tanggal 10 bulan Dzulhijah di daerah Demak ada suatu tradisi yang dinamakan grebeg besar. Rakyat menyebutnya besaran. Yakni suatu upacara untuk menyambut hari Raya Idul Adha yang diisi dengan kemeriahan pasar rakyat dengan acara puncak penjamasan pusaka peninggalan Kerajaan Demak.

Dan bagiku grebeg besar tahun ini terbilang istimewa. Lokasi TK Muslimat NU yang berdekatan dengan lokasi besaran memungkinkan diriku mengikuti perkembangan keramaian besaran dari hari ke hari. Senang rasanya melihat orang-orang berlalu lalang dengan buah hati mereka untuk menyaksikan pasar rakyat.

Aku sendiri sudah satu kali menyempatkan diri bersama anak-anak menengok besaran. Ramai sekali. Aneka mainan ada di sana. Mulai dari komedi putar, kincir raksasa, perahu kora-kora, bom-bom car, ombak bayu, sampai permainan adu nyali seperti flying fox dan balap dalam ember raksasa (sebutan muridku) atau tong stan. Selain itu aneka mainan anak-anak juga dijual disana. Mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Pokonya ramai.

Akan tetapi aku tidak bisa melihat keramaian itu setiap hari. Karena justru ketika mendekati hari H besaran, TK kami diliburkan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, seperti hilangnya anak-anak di lokasi besaran. Aneka mainan tentu saja mengundang keinginan anak-anak untuk melihatnya. Terutaman bagi anak-anak yang masuk siang.

Akhirnya pihak yayasan memutuskan sekolah diliburkan selama lima hari. Selamat menikmati liburan dan selamat hari raya Idul Adha.
Baca Selengkapnya....!

Kamis, 03 November 2011

TUNJANGAN FUNGSIONAL GURU NON PNS TAHUN 2011

Hari ini aku kembali ke kantor UPTD Dikpora Kecamatan Karanganyar. Kali ini untuk pengarahan Tunjangan Fungsional Guru Non PNS yang kabarnya sebentar lagi cair. Alhamdulillah, lama dinanti akhirnya ada kabarnya juga. Tunjangan yang katanya akan cair jelang hari Raya Idul Fitri, ternyata baru ada kabar lagi sekarang.

 
Tepatnya hari Selasa besok, kami akan mengambil buku rekening di Bank BNI. Kami harus membawa fotocopy KTP dan juga nomor urut penerimaan. Wah, jadi punya banyak rekening nih. Karena dulu tunjangan fungsional dicairkan melalui Bank Jateng, dan sekarang melalui BNI. Lucu juga kalau harus memelihara banyak rekening. Biaya administrasinya itu lho yang memberatkan. Bisa-bisa uang di bank tidak semakin bertambah akan tetapi semakin menyusut. Karena tidak mampu membayar biaya administrasi bulanan.

Walau bagaimanapun semua harus disyukuri. Berapapun yang kita terima. Allah kan lebih tahu apa yang kita butuhkan. Bukan apa yang kita inginkan.

Semoga dilancarkan dalam proses pencairan tunjangan fungsional kali ini.
Baca Selengkapnya....!

Rabu, 02 November 2011

PERPISAHAN DARI IGTKI KECAMATAN KARANGANYAR

MUTASI


Di mana pun berada kaki berpijak
Di situ tempat kita melaksanakan tugas
Tugas suci yang telah dianugrahkan
harus diemban dengan ikhlas dan penuh kesabaran

sabar dalam mendidik anak bangsa
Tuk menjadi penerus perjuangan bangsa

Ikhlas dan sabar akan selalu membuahkan hati tenang, tentram dan penuh kebahagiaan
Senyum dan kebaikanmu selalu kukenang
Budi baik untuk menuju sukses anda ke depan!

By : IGTKI Karanganyar


Puisi indah itu adalah goresan pena teman-teman IGTKI Kec Karanganyar yang dihadiahkan untuk saya. Subhanallah jadi terharu pada perhatian teman-teman semuanya. Tidak menyangka hari ini akan mendapat undangan perpisahan dari IGTKI setelah kemarin diperpisahi di tingkat Gugus.

Pagi ini ketika saya sedang menunggu jam mengajar sambil mengerjakan RKH, saya tiba-tiba ditelpon Ibu Ina, teman sejawat saya dari TK Larasati yang mengabarkan pada saya untuk datang ke pertemuan di Karanganyar. Wah saya kaget juga. Pikir saya urusan tunjangan fungsional yang kabarnya akan segera cair. Tapi ternyata ada acara perpisahan. Saya dipesan juga untuk memberitahu ibu mertua saya yang kebetulan juga sudah purna. Wah, susah juga menghubungi ibu mertua, karena domisili tempat tinggal beliau memang miskin sinyal hp. Terpaksa saya hubungi suami saya. Barangkali jika dicalling dari Kudus akan lebih mudah.

Sesudah itu saya pun berpamitan dengan kepala sekolah. Setelah terlebih dahulu menghubungi kolega saya agar menggantikan saya mengajar.

Tapi sebelumnya saya mesti ke kantor pos dulu nih untuk mengirim paket Abaca pada seorang rekan. Urusan kirim paket beres, saya pun segera menuju tempat pemberhentian bis. Lumayan lama juga nunggu bis lewat. Hampir setengah jam. Mudah-mudahan ketika sampai di sana, saya tidak terlalu terlambat.

Melewati jalan pantura yang tersendat di wilayah Jebor dan Sedo, karena kebetulan jalan di sini sedang dalam taraf perbaikan. Akhirnya saya sampai juga. Untunglah acara belum dimulai. Lega.

Berkumpul bersama teman-teman yang telah lama tak bertemu. Sedikit bertukar cerita dan kabar. Acara pun dimulai. Bersama saya ada juga guru yang mutasi. Yakni Ibu Rini Zahroh yang mutasi ke Demak juga. Selain itu ada dua guru yang purna tugas, yakni Ibu Sri Wati dan Ibu Siti Maemonah. Kebetulan keduanya juga berasal dari TK Larasati, tempat dulu saya bekerja. Sekarang guru di TK Larasati tinggal empat orang. Di samping itu ada pula seorang pengawas yang juga purna tugas. Beliau adalah Bapak Haji Sukarmin.

Kami kemudian mendengarkan petuah berharga dari Kepala UPTD Dikpora. Wah, jarang-jarang nih pembinaan rutin dihadiri Kepala Dikpora. Itu karena saking sibuknya beliau. Tapi hari ini merupakan hari keberuntunganku.

Kepala Dikpora mengatakan kalau pendidikan untuk anak usia dini itu dimulai dari pendidikan secara spiritual, yang kedua tetap pendidikan spiritual, lalu baru mengembangkan akal, kembali ke spiritual, dan baru mengasah kreativitas anak. Jadi pemberian calistung sangat tidak dianjurkan pada sekolah Taman Kanak-Kanak. Setelah itu ada sambutan perpisahan dari Bapak Pengawas yang juga purna tugas. Sedangkan sambutan dari kami yang akan bermutasi diwakili oleh Ibu Rini Zahroh. Setelah itu masih ada acara makan bersama dalam rangka syukuran oleh para guru yang lulus sertifikasi. Sehingga menambah meriah acara perpisahan ini.

Dalam suasana seperti ini tergambar kehangatan kami sebagai keluarga besar. Dan sudah pasti saya akan sangat merindukan saat-saat seperti ini. Berkumpul bersama, berbagi cerita.

Dan saya sangat senang sekali manakala ada teman guru yang mendekati saya dan bertanya-tanya tentang aktivitas nge-blog yang saya lakukan. Rupanya teman saya itu pernah tidak sengaja membaca postingan saya. Maklumlah, tak banyak teman saya yang tahu tentang aktivitas dunia maya saya. Terima kasih untuk apresiasinya teman. Tentu kita akan bisa bertemu lagi, jika ada kesempatan. Dan kita akan terus bisa bertemu melalui dunia lain (internet). Kenangan ini tidak akan pernah aku lupakan.

Sampai bertemu lagi teman-teman.

Baca Selengkapnya....!

Selasa, 01 November 2011

TIP BELAJAR MEMBACA DENGAN ABACA FLASH CARD

SUKSES BELAJAR MEMBACA SUKU KATA A DAN I DALAM WAKTU DUA MINGGU.

Peran orang tua sangat menentukan keberhasilan anak dalam proses belajar membaca dengan Abaca Flash Card. Jadi luangkan waktu anda untuk menemani si kecil bermain.

Dalam waktu dua minggu saya berhasil menerapkan metode belajar membaca dengan menggunakan Abaca Flash Card pada putriku yang baru berumur empat tahun. Sebelumnya putriku belum hafal bentuk-bentuk huruf. Namun dalam waktu dua minggu ia berhasil membaca suku kata berakhiran a dan i.

Bagaimana caranya belajar versi saya? Simak tip di bawah ini, mudah-mudahan bermanfaat.

- Cari waktu bermain yang tepat. Usahakan anak dalam suasana hati yang gembira, tidak sedang kecapekan apalagi kelaparan. Ketika anak meminta anda menemaninya bermain maka jangan tunda lagi, apapun aktivitas yang tengah anda lakukan.

- Bermainlah dengan rutin. Tak perlu waktu lama. Yang penting rutin. 10 menit setiap hari sudah cukup. Tak perlu memaksa anak untuk menyelesaikan semua kartu yang ada. Apalagi memaksanya untuk menghafalkan suku kata dalam kartu.

- Tunjukkan pada anak cara bermain panen es krim beserta hadiah yang bisa diperolehnya. Bila anak tertarik maka permainan bisa segera dimulai. (Cara bermain versi penemu metode Abaca (Ibu Diena Ulfaty) terlampir dalam paket).

- Cara bermain abaca versi saya:

1. Pada tahap pertama bagi anak saya yang belum pernah mengenal alpabet, saya menunjukkan gambar-gambar yang ada di box 1A yang berisi suku kata berawalan a. Dengan melihat gambar terlebih dahulu maka akan lebih memudahkan anak dalam mengingat suku kata yang ada. Lagipula anak usia prasekolah lebih suka melihat gambar dari pada tulisan. Misalnya saja gambar apel. Saya tunjukkan gambar ke anak kemudian bertanya ke anak, “Ini gambar apa?” maka ketika anak bisa menyebut itu gambar apel, saya balik gambarnya kemudian saya tunjukkan suku kata yang ada dibalik gambar apel. Kemudian saya katakan, “a” dan meminta anak mengulanginya.

2. Lalu saya tunjukkan poin (angka) yang ada di bawah gambar apel. Saya memberi tahu anak ini poinnya satu (tunjukkan jumlah satu dengan jari anda, maka anda telah mengenalkan konsep bilangan pada anak anda), coba kudanya dijalankan satu kali pada kotak permainan. Dan ketika pada kotak 1 terdapat gambar hadiah, maka anak bisa memilih hadiahnya pada lembar hadiah yang tersedia. Lembar hadiah yang ada tidak saya gunting karena itu berisiko akan tercecer ke mana-mana. Jadi saya persilahkan anak untuk memilih hadiahnya sesuai gambar. Dalam hal ini anak telah belajar mengidentifikasi gambar yang sesuai. (Agar permainan menarik buatlah variasi, misalnya anda beradu cepat dengan anak menemukan hadiahnya. Hal ini akan membuat anak bersemangat).

3. Lakukan terus sampai semua kartu pada kotak 1A habis. Atau lakukan sesuai dengan mood si kecil. Jika si kecil bosan, tidak perlu memaksanya untuk terus bermain.

4. Ketika menjalankan kuda-kuda pada kotak permainan anak tidak hanya belajar membaca tetapi juga telah belajar membilang (berhitung), serta mengetahui lambang bilangan(simbol angka pada kartu).

5. Ketika anak tidak bisa menyebutkan gambar saya membantunya. Dan memberitahu suku kata yang ada.

6. Tahapan yang kedua ( bagi anak yang telah mengenal abjad atau anak telah melewati tahap pertama) saya tidak lagi mengenalkan gambar akan tetapi langsung dengan suku kata yang ada. Kalau anak bisa menyebutkan suku kata yang ada maka pujilah dia (subhanallah, pintarnya anak mama, etc : anak saya senang sekali dipuji seperti itu), ini akan memotivasi anak untuk terus bermain. Namun jangan sekali-kali mengkritiknya kalau anak salah dalam menebak suku kata yang ada. Salah tidak mengapa (Namanya juga masih belajar). Kasih lihat anak gambar yang ada. Dengan melihat gambar akan membantu dia mengenal suku kata yang ada (tahap 1). Anak biasanya tahu kalau gambar palu itu suku kata awalnya pa, gambar cabe itu suku kata awalnya ca, gambar balon itu suku kata awalnya ba, dsb. Dengan seringnya anak melihat gambar lama-kelamaan anak hafal dengan sendirinya.

7. Setelah anak hafal semua suku kata pada box 1A maka box 1B sudah mulai bisa di buka. Cara bermainnya sama. Kemudian campur kartu pada box 1A dengan box 1B untuk menguji ingatan anak. Lakukan hal serupa untuk box berikutnya. Jangan lupa untuk memantau perkembangan anak dengan mencatat perolehan hasil pada tabel yang tersedia.

8. Kalau anak mulai bosan, hentikan permainan. Beri dia motivasi agar kembali bersemangat untuk kembali bermain. Misalnya akan membelikannya es krim kalau dia bisa menebak suku kata dengan benar. Dan kalau sudah berjanji tepatilah janji anda.

9. Dengan metode seperti itu saya mengantarkan anak saya hingga bisa membaca suku kata berakhiran a dan i hanya dalam waktu dua minggu. Saya sendiri sempat kaget. Karena kartu ini ternyata sangat efektif untuk belajar membaca.

Selamat mencoba dan semoga sukses!!!

Salam,

Sri Wahyuti.

Bagi teman-teman yang menginginkan Abaca Flash Card, silahkan hubungi saya dengan sms di 085867486151.



Baca Testimoni kesuksesan belajar membaca dengan Abaca Flash Card di sini Baca Selengkapnya....!